Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP

Dodi Syamsuduha, Dodi Syamsuduha (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. PROCEEDINGS International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. ISSN 978-979-16353-7-0

[img]
Preview
Text
P - 10.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad (GSP) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, ditinjau dari a) keseluruhan b) kemampuan awal siswa (atas, sedang, dan rendah). Penelitian dilakukan dalam bentuk kuasi eksperimen dengan menelaah dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program GSP dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design, dan instrumen penelitian ini terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematik, angket sikap siswa dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif berbantuan program GSP baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematik (KBKM), Pembelajaran Kooperatif, Program Geometer’s Sketchpad (GSP)

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > KNPM 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Jun 2012 06:05
Last Modified: 26 Jun 2012 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item