Dodi Syamsuduha, Dodi Syamsuduha (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. PROCEEDINGS International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. ISSN 978-979-16353-7-0
|
Text
P - 10.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad (GSP) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, ditinjau dari a) keseluruhan b) kemampuan awal siswa (atas, sedang, dan rendah). Penelitian dilakukan dalam bentuk kuasi eksperimen dengan menelaah dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program GSP dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design, dan instrumen penelitian ini terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematik, angket sikap siswa dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif berbantuan program GSP baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematik (KBKM), Pembelajaran Kooperatif, Program Geometer’s Sketchpad (GSP)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > KNPM 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 26 Jun 2012 06:05 |
Last Modified: | 26 Jun 2012 06:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
View Item |