NENDROWATI, NENDROWATI (2012) PENGEMBANGAN MODULBERGAMBAR MENGENAI LARUTAN ASAM BASA STOIKIOMETRI DAN TITRASI ASAM BASA UNTUK KELAS XI SMARSBI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08303244002.pdf Download (941kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08303244002.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08303244002.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08303244002.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08303244002.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan dari penelitian iniadalah(1) mengembangkan modul bergambar mengenailarutan asam-basa, stoikiometri dan titrasi asam-basa untukkelas XI SMA RSBI yang berkualitas (2) menilai kualitas modul bergambar yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE termodifikasi, yaitu modeldesain instruksional yang terdiri atas lima tahap yang meliputi: Tahap Analisis (Analysis), Tahap Desain (Design), Tahap Pengembangan (Development), Tahap Implementasi (Implementation) dan Tahap Evaluasi (Evaluation), tanpa Tahap Implementasi (Implementation). Modul bergambar yang disusun terdiri atas Kegiatan Belajar 1 yaituTeori Asam-Basa, Kegiatan Belajar 2 yaituKekuatan Asam-Basa, Kegiatan belajar 3 yaitu Indikator dan Kesetimbangan Asam-Basa serta Kegiatan Belajar 4 yaitu Stoikiometri dan Titrasi Asam-Basa. Produk awal modul bergambar ditinjau dan diberi masukan olehpeer reviewer, ahli materi dan ahli media. Kualitas modul bergambar dinilai olehrevieweryaitu guru kimia dan peserta didik kelas XISMA RSBI dengan cara mengisi angket penilaian yang berisi tiga komponen penilaian yaitu komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa dan gambar. Hasil penelitian pengembangan ini adalah modul bergambar mengenai larutan asam-basa, stoikiometi dan titrasi asam-basauntuk kelas XISMA RSBI. Kualitas modul bergambar berdasarkan penilaian lima guru kimia adalah sangat baik (SB) denganskor rata-rata yangdiperoleh 102,2 dengan skala konversi skor ideal (x) > 100,8. Kualitas modul bergambar berdasarkan penilaian lima peserta didik adalah sangat baik (SB) dengan skor rata-rata yang diperoleh 95,8dengan skala konversi skor ideal (x) >92,4001. Kata kunci:pengembangan, modulbergambar, asam-basa, RSBI
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, modulbergambar, asam-basa, RSBI |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 08 Jan 2013 06:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9341 |
Actions (login required)
View Item |