PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP PENDEKATAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR

NAOMI DIAS , LAKSITA DEWI (2012) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP PENDEKATAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK SMP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08312241008.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08312241008.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08312241008.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08312241008.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08312241008.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Guided Inquiry terhadap keterampilan proses IPA dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMP. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment atau penelitian semu. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Nonrandomized Control Group Pretest – Postest Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan peserta didik kelas VII B yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Tindakan yang dilakukan berupa penerapan Pendekatan Guided Inquiry pada kelas eksperimen dan penerapan Pendekatan konvensional pada kelas kontrol. Metode pengambilan data penelitian melalui tes tertulis dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk tes tertulis berupa soal pretest dan postest sedangkan untuk observasi menggunakan lembar observasi pelaksanaan Pendekatan Guided Inquiry dan lembar observasi keterampilan proses IPA. Tes tertulis dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal pesera didik dan kemampuan akhir setelah diberi tindakan. Observasi dilakukan untuk mengukur dan memperoleh data keterampilan proses IPA peserta didik selama proses pembelajaran dan keterlaksanaan penerapan pendekatan Guided Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan Pendekatan Guided Inquiry terhadap keterampilan proses IPA yang ditunjukkan dari hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 atau < 0.05 dan dari nilai koefisien relasi (r) yang diperoleh sebesar 0.380 atau koefisien determinasi (r 2 ) sebesar 0.1444 yang berarti pengaruh yang diberikan sebesar 14.44%. Pada penggunaan Pendekatan Guided Inquiry terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Kata kunci: Guided Inquiry, keterampilan proses IPA, dan hasil belajar ranah kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, keterampilan proses IPA, dan hasil belajar ranah kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Jan 2013 06:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9333

Actions (login required)

View Item View Item