PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA BERBASIS AUDIO-VISUAL DI SMP NEGERI 1 PURBALINGGA

IRNANTO WISNU, PRABOWO (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA BERBASIS AUDIO-VISUAL DI SMP NEGERI 1 PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07208244008.pdf

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-07208244008.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-07208244008.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-07208244008.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-07208244008.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang hasilnya dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menarik, dimana membahas mengenai keragaman musik tradisional Nusantara. Pengembangan media pembelajaran ini berupa video pembelajaran dengan menggunakan file MPEG dan dikemas dalam bentuk kepingan CD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Purbalingga. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara insidental (sampling insidental). Sedangkan obyek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis audio-visual dengan menggunakan software Corel Video Studio Pro X3 dan media proyektor serta layar LCD dalam penggunaannya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil uji coba oleh ahli media, ahli materi, guru seni musik, dan siswa sebagai pengguna mendapatkan penilaian dan respon yang baik. Dari hasil validasi ahli media dan ahli materi disimpulkan bahwa program video pembelajaran layak diuji coba lapangan dengan revisi. Media video pembelajaran yang dibuat termasuk dalam kategori layak karena berada dalam kategori interval setuju dan sangat setuju yang artinya dapat dikatakan bahwa penilaian media baik, 2) penilaian dan respon yang baik juga pada uji coba produk terhadap guru seni musik yang menyimpulkan bahwa media video pembelajaran menarik dan layak sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya komentar yang baik dan jawaban penilaian antara setuju dan sangat setuju, 3) sedangkan dari penilaian 84 siswa diketahui bahwa penilaian siswa terhadap media baik, siswa yang setuju berjumlah 24 siswa (29%), sedangkan siswa yang sangat setuju berjumlah 60 siswa (71%). Sementara itu dalam perhitungan model rating scale didapatkan skor 2828 dan prosentase 84%, artinya hasil penilaian siswa termasuk dalam kategori interval setuju dan sangat setuju. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penilaian media Video Pembelajaran musik tradisional Nusantara masuk kategori layak, menarik, dan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi musik tradisional Nusantara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Jan 2013 04:19
Last Modified: 29 Jan 2019 18:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9298

Actions (login required)

View Item View Item