PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANGIREJO YOGYAKARTA

INDIT , RAHMAWATI (2012) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANGIREJO YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1- 07209241033.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1- 07209241033.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2- 07209241033.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5- 07209241033.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran- 07209241033.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam proses belajar mengajar seni tari di Sekolah Dasar terkait pemanfaatan media audio visual, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Bangirejo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkahlangkah: reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pemanfaatan media audio visual, yakni: (1) apresiasi siswa berupa menyaksikan video tari, (2) imitasi berupa menirukan gerak tari yang ada di video tari maupun oleh guru, dan (3) evaluasi berupa tes lisan dan penampilan (performance), dengan menggunakan alat bantu media audio berupa tape audio beserta kaset suara. Kedua, terdapat dua respon siswa, yakni: (1) respon positif siswa sebanyak 70% atau 28 siswa ditandai dengan sikap siswa yang terlihat senang mempelajari seni tari dan siswa selalu ingin praktik menari, dan (2) respon negatif siswa sebanyak 30% atau 12 siswa ditandai dengan siswa malas mengikuti pelajaran seni tari dan selalu bermain sendiri dengan temannya. Ketiga, hasil belajar siswa, yakni: (1) siswa putri dapat menarikan tari Gebyok Anting-anting dan siswa putra juga dapat menarikan tari Ulo-ulonan secara imitasi atau sendiri, (2) siswa mampu menjawab tes lisan oleh guru yang berupa pertanyaan-pertanyaan saat praktik menari, dan (3) tes penampilan (performance) yang dilakukan oleh siswa berupa tes praktik tari yang dilakukan saat ulangan harian dan ulangan tengah semester, hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali materi yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Jan 2013 00:29
Last Modified: 29 Jan 2019 18:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9291

Actions (login required)

View Item View Item