PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LOGIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA SMA KELAS X SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

Meita, Fitrianawati (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LOGIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA SMA KELAS X SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Hal. Romawi.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran logika berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMA kelas X sebagai sumber belajar mandiri dan mengetahui kualitas media yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk. Model pengembangan media pembelajaran logika berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMA kelas X sebagai sumber belajar mandiri mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design , Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian ini berupa lembar evaluasi media untuk ahli media, lembar evaluasi media untuk ahli materi, lembar evaluasi media untuk guru dan siswa, lembar observasi, angket respon siswa, tes hasil belajar, dan pedoman wawancara.Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi logika yang mempunyai kualitas media pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Kualitas media pembelajaran logika berdasarkan aspek kevalidan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan skor rata-rata 4,28. Berdasarkan hasil angket penilaian dua dosen ahli materi perolehan skor rata-rata adalah 4,38 termasuk dalam kategori sangat baik dan dua ahli media perolehan rata-rata 4,18 termasuk dalam kategori sangat baik. Kualitas media pembelajaran logika berdasarkan aspek kepraktisan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukan oleh perolehan skor rata-rata 4,45. Berdasarkan hasil angket evaluasi oleh guru perolehan skor rata-rata adalah 4,68 termasuk dalam kategori sangat baik dan hasil angket evaluasi oleh siswa perolehan skor rata-rata 4,22 termasuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, kepraktisan juga dilihat berdasarkan lembar observasi dan wawancara dengan guru yang menunjukkan bahwa keterlaksanaan dalam pembelajaran termasuk tinggi dan mudah diterapkan di kelas. Kualitas media pembelajaran logika berdasarkan aspek keefektifan menunjukkan bahwa media efektif digunakan dalam belajar. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan skor rata-rata 3,41 berdasarkan hasil angket respon siswa. Selain itu, keefektifan juga dilihat berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa persentase ketuntasan adalah 82,86% atau ketuntasan dalam kategori sangat tinggi. Kata kunci : media pembelajaran, logika, interaktif, belajar mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, logika, interaktif, belajar mandiri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Jan 2013 00:49
Last Modified: 29 Jan 2019 18:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item