PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU YANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL HORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP

Maya , Istikhomah (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU YANG MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL HORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PENGUASAAN MATERI BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08312244036.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08312244036.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08312244036.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08312244036.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran IPA Terpadu yang mengimplementasikan model Susan Loucks- Horsley. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari Silabus, RPP dan LKS serta mengetahui peningkatan keterampilan proses dan penguasaan materi belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap mendefinisikan (define), tahap merencanakan (design), tahap mengembangkan (develop), dan tahap menyebarkan (disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Ma’Had An-Nur Bantul. Data penelitian diperoleh melalui lembar penilaian perangkat pembelajaran, angket respon siswa terhadap LKS, lembar observasi keterampilan proses serta nilai tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir (lembar pre-test dan post-tes). Perangkat pembelajaran IPA yang bertemakan pencemaran air dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses dan penguasaan materi belajar siswa. Kualitas perangkat pembelajaran IPA berdasarkan penilaian dosen ahli, teman sejawat dan guru IPA menghasilkan rerata penilaian silabus adalah 44.66 yang termasuk dalam kriteria sangat baik, rerata penilaian RPP adalah 66,00 yang termasuk dalam kriteria sangat baik, dan rerata penilaian LKS adalah 65,08 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran model Susan Loucks-Horsley dapat meningkatkan penguasaan materi IPA ditunjukkan bahwa perolehan gain skor sebesar 0,7 dikategorikan tinggi, serta rerata nilai pre-test sebesar 65,69 dan rerata nilai post-test sebesar 88,79 melebihi nilai KKM. Pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran model Susan Loucks-Horsley dapat meningkatkan keterampilan proses ditunjukkan bahwa peningkatan sebesar 0,7 dikategorikan tinggi, serta rerata skor pada keterampilan proses 1: 77,62 dan keterampilan proses 2 : 94,25. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Susan Loucks-Horsley.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu, Susan Loucks-Horsley.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Dec 2012 02:33
Last Modified: 29 Jan 2019 18:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9272

Actions (login required)

View Item View Item