PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAUN TUMBUHAN HALOFIT, XEROFIT DAN HIDROFIT SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA UNTUK PENYUSUNAN PROTOTYPE MODUL PENGAYAAN MATERI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN

Liedya, Kusuma R (2012) PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAUN TUMBUHAN HALOFIT, XEROFIT DAN HIDROFIT SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA UNTUK PENYUSUNAN PROTOTYPE MODUL PENGAYAAN MATERI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08304241023.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08304241023.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08304241023.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08304241023.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08304241023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) potensi karakteristik struktur anatomi daun berbeda habitat (halofit, xerofit, dan hidrofit) untuk diangkat sebagai sumber belajar; (2) mengetahui potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi untuk penyusunan modul SMA Struktur Jaringan Tumbuhan; dan (3) uji kelayakan Prototype modul pengayaan untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah keragaman struktur dan fungsi anatomi jaringan penyusun daun berbeda jenis. Permasalahan tersebut diselesaikan melalui tiga jalur yaitu (1) pemecahan masalah biologi, diselesaikan dengan penelitian deskriptif eksploratif, (2) analisis potensi sumber belajar, dan (3) uji kelayakan modul pengayaan. Prototype modul pengayan diuji dengan validitas muka kepada 2 ahli materi, 2 ahli media, penilaian oleh 4 guru Biologi, penilaian oleh 4 peer reviewer dan uji keterbacaan oleh 13 siswa yang telah lulus KKM materi Struktur Jaringan Tumbuhan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi kondisi klimatik dan angket kualitas modul yang meliputi aspek penyajian, kelayakan isi, kegrafikan, dan kebahasaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perbandingan struktur anatomi daun yang berbeda habitat berpotensi sebagai sumber belajar biologi; (2) potensi yang ditemukan yaitu terdapat perbedaan stomata (letak dan tipe), ada tidaknya trikomata, struktur berupa saluran, hipodermis, dan jaringan aerenkim; dan (3) uji kelayakan modul oleh ahli materi, media, dan guru Biologi termasuk dalam “Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 90,89%, 83,41%, dan 83,61%. Penilaian oleh peer reviewer dan siswa termasuk dalam kriteria “Baik” dengan rerata skor 80,64% dan 79,56%, sehingga dari hasil tersebut diperoleh bahwa ptototype modul pengayaan layak digunakan sebagi salah satu alternatif bahan ajar biologi materi Jaringan pada Tumbuhan untuk Siswa SMA Kelas XI. Kata Kunci: Struktur anatomi daun, Hidrofit, Xerofit, Halofit, Modul Pengayan, Sumber belajar , Bahan ajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Struktur anatomi daun, Hidrofit, Xerofit, Halofit, Modul Pengayan, Sumber belajar , Bahan ajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 26 Dec 2012 00:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9265

Actions (login required)

View Item View Item