PENGARUH POLUSI UDARA TERHADAP LAJU TRANSPIRASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENYUSUNAN MODUL JARINGAN TUMBUHAN DAN LAJU TRANSPIRASI BAGI SISWA SMA KELAS XI SEMESTER I

Laili, Sulhiyah (2012) PENGARUH POLUSI UDARA TERHADAP LAJU TRANSPIRASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENYUSUNAN MODUL JARINGAN TUMBUHAN DAN LAJU TRANSPIRASI BAGI SISWA SMA KELAS XI SEMESTER I. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08304241031.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08304241031.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08304241031.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08304241031.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08304241031.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan laju transpirasi tumbuhan yang terpolusi udara dengan yang kurang terpolusi udara; (2) apakah proses dan produk penelitian berpotensi untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar biologi; dan (3) uji kelayakan modul pengayaan “Jaringan Tumbuhan dan Laju Transpirasi” yang disusun berdasarkan hasil penelitian untuk digunakan pembelajaran siswa SMA Kelas XI Semester I. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah perbandingan laju transpirasi yang di tempat polusi udara dengan yang kurang terpolusi udara. Permasalahan tersebut diselesaikan melalui tiga jalur yaitu: (1) pemecahan permasalahan Biologi, diselesaikan dengan penelitian deskriptif eksploratif, uji t dua sampel bebas dan uji regresi linier berganda, (2) analisis potensi sumber belajar dan (3) uji kelayakan modul pengayaan. Modul pengayaan diuji dengan validitas konstruk dengan cara expert judgement kepada 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media, penilaian oleh 2 guru Biologi, penilaian oleh 5 peer reviewer dan uji keterbacaan oleh 10 siswa SMA yang telah lulus KKM materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi kondisi klimatik, stomata, trikomata, ketebalan daun, luas permukaan daun dan angket kualitas modul. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis secara deskriptif eksploratif , uji t dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perbandingan laju transpirasi tumbuhan glodogan (Polyalthia longfolia Sonn.) dan waru (Hibiscus tiliaceus L.) tidak ada perbedaan varian dan rata-rata penilaian karena P_value > 0,05 dan ketapang (Terminalia catappa L.) terdapat perbedaan varian dan rata-rata penilaian karea P_value < 0,05 dengan Pb dalam batas normal 0,2-20 ppm; (2) hasil penelitian perbandingan laju transpirasi tumbuhan yang terpolusi udara dengan yang kurang terpolusi udara dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar Biologi dalam bentuk modul; (3) uji kelayakan modul pengayaan Jaringan Tumbuhan dan Laju Transpirasi dilihat dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan termasuk sangat baik dari dosen ahli media, peer reviewer dan siswa, serta baik dari dosen ahli materi dan guru Biologi sehingga layak digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar Biologi untuk siswa SMA/MA Kelas XI Semester I materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Kata kunci: Laju Transpirasi, Stomata, Trikomata, Modul, Sumber belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Laju Transpirasi, Stomata, Trikomata, Modul, Sumber belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 26 Dec 2012 00:31
Last Modified: 29 Jan 2019 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9264

Actions (login required)

View Item View Item