SIMULASI KERETA REL LISTRIK DENGAN KENDALI KECEPATAN SISTEM PWM DAN PALANG PINTU PERLINTASAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER

PURNOMO , ABDURAHMAN (2012) SIMULASI KERETA REL LISTRIK DENGAN KENDALI KECEPATAN SISTEM PWM DAN PALANG PINTU PERLINTASAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER. D3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08507134018.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08507134018.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08507134018.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08507134018.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08507134018.pdf

Download (845kB) | Preview

Abstract

Proyek akhir ini dimaksudkan untuk mendapatkan suatu perangkat berupa model simulasi kereta rel listrik. Dalam model simulasi ini kecepatan motor kereta akan turun dan meningkat secara otomatis berdasarkan nilai PWM sesuai program mikrokontroller.Simulasi ini juga menggerakkan pintu perlintasan secara otomatis membuka dan menutup sesuai dengan peletakan sensor pada media simulasi. Perancangan proyek akhir ini tersusun atas perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk perangkat keras terdiri dari media simulasi berupa rel dan kereta, rangkaian catu daya 5V dan 12V DC, rangkaian sistem minimum mikrokontroller ATmega16 sebagai rangkaian kendali utama, rangkaian sensor optocoupler yang tersusun dari LED photodioda dan LED inframerah sebagai pendeteksi kedatangan kereta, rangkaian output Driver kendali arah motor dc dengan IC L293D, rangkaian output alarm dengan IC NE555. Untuk perangkat lunak berupa program BASCOM yg berisi instruksi untuk menjalankan program utama mikrokontroller. Simulasi KRL dengan kendali kecepatan sistem PWM dan palang pintu perlintasan otomatis ini telah berhasil dibuat dengan menggunakan sistem minimum mikrokontroler ATmega16 yang digabungkan dengan instrumen pendukung lainnya. Perangkat lunak BASCOM AVR dengan bahasa BasIC telah mendukung kinerja seluruh instrumen. Alat ini bekerja secara otomatis ketika kereta KRL diletakkan pada rel kereta, maka kereta akan berjalan dan kedatangan kereta akan dideteksi oleh empat buah sensor antara lain sensor untuk memperlambat kereta dengan mengubah lebar frekuensi tegangan DC dan mengaktifkan alarm yang dibangun dengan IC555, sensor untuk membuka pintu perlintasan, sensor untuk menutup pintu perlintasan yang dibangun dengan IC L293D dan sensor untuk mengembalikan kecepatan kereta dengan cara mengembalikan lebar frekuensi seperti semula dan mematikan alarm, begitu seterusnya hingga sensor tidak mendeteksi kedatangan kereta. Kata kunci :sensor optocoupler infrared, simulasi pintu perlintasan KRL

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: sensor optocoupler infrared, simulasi pintu perlintasan KRL
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Elektronika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 06:46
Last Modified: 29 Jan 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9251

Actions (login required)

View Item View Item