“EVALUASI TIKUNGAN DI RUAS JALAN BOKONG SEMAR - NGEMBES JL. JOGJA-WONOSARI, KABUPATEN BANTUL - GUNUNG KIDUL”

PARSONO, PARSONO (2012) “EVALUASI TIKUNGAN DI RUAS JALAN BOKONG SEMAR - NGEMBES JL. JOGJA-WONOSARI, KABUPATEN BANTUL - GUNUNG KIDUL”. D3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -09510131025.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -09510131025.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -09510131025.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -09510131025.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Dalam perencanaan geometrik suatu jalan perlu perhitungan secara tepat, Karena banyaknya geometri tikungan yang sering kali menyebabkan terjadinya banyak kecelakaan, dikarenakan desain geometrik tikungan yang tidak sesuai dengan pedoman dari jasa marga, dan lain sebagainya. Ruas jalan Bokong Semar – Ngembes yang ada di Jalan Jogja – Wonosari, Kabupaten Bantul – Gunung Kidul yang berkarakter daerah pegunungan yang berkelok-kelok sering terjadi kecelakaan dibeberapa titik, maka perlu dilakukan survei dan evaluasi untuk mengetahui penyebab banyaknya kecelakaan tersebut. Sehingga dengan adanya peninjauan jika terdapat kesalahan dalam geometrik tikungan, bisa untuk dilakukan evaluasi. Dalam melakukan evaluasi Tikungan ruas jalan Bokong Semar – Ngembes, penyusun menggunakan data dari Dinas Bina Marga Kota Yogyakarta, Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Daerah Istimewa Yogyakarta dan survei sendiri di lapangan. Perhitungan geometrik jalan menggunakan metode dari Bina Marga. Dari hasil desain perhitungan kemudian di bandingkan dengan data Geometrik yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh : 1). Jari-jari Tikungan yang tidak sesuai dengan desain perhitungan Radius Minimum adalah sebanyak 4 tikungan dari 25 Tikungan 2). Pelebaran Perkerasan di Tikungan yang tidak sesuai dengan desain perhitungan adalah sebanyak 19 Tikungan dari 25 Tikungan. 3). Daerah Bebas Samping di Tikungan yang tidak sesuai dengan perhitungan adalah sebanyak 7 Tikungan dari 25 Tikungan. 4). Kelandaian sebesar 6,539 % dan Panjang Kritis sebesar 2350 m, sedangkan Kelandaian dan Panjang Kritis maksimum yang diijinkan Bina Marga sebesar 10% dan 160 m. Kata kunci : Geometrik Jalan, Evaluasi Tikungan

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Geometrik Jalan, Evaluasi Tikungan
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > D3 Teknik Sipil
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 06:45
Last Modified: 29 Jan 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9247

Actions (login required)

View Item View Item