UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT TALI KELAS V DI SD NEGERI 1 KECITRAN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARAJAWA TENGAH

Fitra Bagas , Kurniawan (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT TALI KELAS V DI SD NEGERI 1 KECITRAN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARAJAWA TENGAH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 07601244092.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07601244092.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 07601244092.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 07601244092.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07601244092.pdf

Download (53MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain lompat tali pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kecitran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode classroom action researcd (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kecitran, dengan jumlah 32 siswa yang terdiri atas 15 siswa putra dan 17 siswa putri. Pengambilan data menggunakan observasi, dengan instrument berupa pengamatan (data observasi), hasil tes siswa (tes unjuk kerja, pemahaman konsep dan sikap) Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan membandingkan hasil pengamatan sebelum diberikan pembelajaran dengan pendekatan bermain lompat tali dan setelah diberikan pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan permainan lompat tali. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebelum dilakukan pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain lompat tali, kemampuan lompat jauh siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kecitran masih rendah atau masih di bawah nilai yang ditentukan sekolah 6.50, namun setelah proses pembelajaran lompat jauh menggunakan metode bermain lompat tali, kemampuan lompat jauh siswa semakin meningkat dan membaik, sehingga nilainya pun sudah mampu mencapai batas yang sudah ditentukan. Dengan demikian proses pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan bermain lompat tali dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran atletik nomor lompat jauh untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Kecitran. Kata Kunci: Meningkatkan, Belajar, Lompat jauh, Lompat Tali

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Belajar, Lompat jauh, Lompat Tali
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 03:00
Last Modified: 29 Jan 2019 17:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9200

Actions (login required)

View Item View Item