FX , Samiaji (2012) DESKRIPSI AKTIVITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DI SD NEGERI CACABAN 4 KOTA MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
bab 1 -08108241024.pdf Download (983kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 -08108241024.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 -08108241024.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
cover -08108241024.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran -08108241024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru bersertifikat pendidik dalam kompetensi pedagogik dan profesional di SD Negeri Cacaban 4 Kota Magelang. Aktivitas dalam kompetensi pedagogik yang diteliti meliputi mengelola pembelajaran, memanfaatkan teknologi pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, merancang pembelajaran yang mendidik dan dialogis, dan pengembangan peserta didik. Aktivitas dalam kompetensi profesional yang diteliti meliputi pemahaman jenis materi dan pengembangannya, mengorganisasikan materi pembelajaran, memilih dan menentukan materi pembelajaran, dan mendayagunakan sumber pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini guru bersertifikat pendidik di SD Negeri Cacaban 4 Kota Magelang yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Wawancara dan observasi dilaksanakan terhadap guru bersertifikat pendidik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru bersertifikat pendidik dalam 1. Kompetensi pedagogik di SD Negeri Cacaban 4 Kota Magelang dalam a) mengelola pembelajaran telah sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai siswa, kontekstual, berorientasi pada siswa, menggunakan bahasa lisan dan tulis dengan lancar dan benar, dan melaksanakan evaluasi akhir sesuai dengan kompetensi siswa. Terdapat tiga guru yang belum memantau kemajuan belajar siswa, b) memanfaatkan teknologi pembelajaran, para guru telah menggunakan media sesuai dengan Kompetensi Dasar dan membuat siswa aktif. c) memahami peserta didik, guru sudah menggunakan bahasa yang santun untuk menegur siswa yang tidak tertib, d) merancang pembelajaran yang mendidik dan dialogis sebagian besar guru bersertifikat pendidik belum menyampaikan kompetensi yang akan dicapai pada siswa dan belum memberikan pengayaan tindak lanjut, e) mengembangkan bakat peserta didik, semua guru mengampu kegiatan ekstrakurikuler. 2. Aktivitas guru bersertifikat pendidik dalam kompetensi profesional di SD Negeri Cacaban 4 Kota Magelang dalam a) menguasai materi, b) mengorganisasikan materi, c) memilih materi, mendayagunakan sumber pembelajaran telah optimal. Namun terdapat dua guru yang belum mengaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dan realitas kehidupan siswa, dan belum melibatkan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran. Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, program sertifikasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, program sertifikasi. |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 02:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9192 |
Actions (login required)
View Item |