PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN EKSPLORASI ELABORASI KONFIRMASI (EEK) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA

DODI , KURNIAWAN (2012) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN EKSPLORASI ELABORASI KONFIRMASI (EEK) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08302244040.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08302244040.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08302244040.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08302244040.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08302244040.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran eksplorasi elaborasi konfirmasi (EEK) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Imogiri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling dan diperoleh 19 siswa pada kelas kontrol dan 19 siswa pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest untuk memperoleh data kemampuan awal hasil belajar siswa, observasi untuk mengetahui kegiatan siswa selama proses pembelajaran, dan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir hasil belajar siswa. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pemberian pendekatan pembelajaran EEK terhadap hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan uji regresi yang telah dilakukan diperoleh hasil besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran EEK terhadap hasil belajar fisika siswa sebesar 22%, sedangkan 78% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini. Dimana sumbangan terbesar terhadap pembelajaran EEK adalah dari kegiatan eksplorasi dan sumbangan terbesar terhadap nilai kegiatan eksplorasi adalah indikator menerapkan cara pemasangan amperemeter, voltmeter dan ohmmeter dalam pengukuran suatu rangkaian tertutup dan membaca hasil pengukuran pada amperemeter, voltmeter dan ohmmeter. Kata kunci : pengaruh, eksplorasi elaborasi konfirmasi (EEK), hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, eksplorasi elaborasi konfirmasi (EEK), hasil belajar fisika siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 17:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9185

Actions (login required)

View Item View Item