PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ILMIAH SISWA

Anis, Gufron (2012) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA ILMIAH SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08302244039.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08302244039.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08302244039.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08302244039.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08302244039.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS Fisika dengan format pendekatan problem solving yang diarahkan perannya untuk meningkatkan kinerja ilmiah siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan menggunakan model 4-D (Four D Model) yang memiliki empat tahapan, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Adapun subjek penelitian untuk uji coba lapangan adalah siswa kelas X SMA N 1 Sedayu sebanyak 30 peserta didik. LKS yang dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh ahli dan penilaian kualitas oleh guru Fisika. Selanjutnya LKS diuji coba dan memperoleh data peningkatan kinerja ilmiah yang ditunjukkan dengan presentase ketercapaian siswa melalui LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat dihasilkan LKS Fisika yang dikembangkan dengan format pendekatan problem solving berisi identifikasi masalah, membuat desain awal, cara menyusun rancangan percobaan, solusi penyelesaian masalah yang paling tepat, pelaksanaan percobaan, membuat model penyelesaian, dan menguji dan mengevaluasi yang berdasarkan penilaian guru Fisika memperoleh skor 66 atau dapat dikatakan LKS dengan format ini sangat baik. LKS Fisika dengan pendekatan problem solving ini telah melalui uji coba lapangan dengan melakukan observasi kinerja ilmiah menggunakan LKS diperoleh ketercapaian rata-rata ketrampilan peserta didik dari 76,46 % menjadi 78,33 % dan menjadi 80,15 % menunjukkan bahwa LKS mampu meningkatkan kinerja ilmiah siswa. Kata kunci: LKS Fisika, problem solving, kinerja ilmiah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS Fisika, problem solving, kinerja ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:33
Last Modified: 29 Jan 2019 17:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9157

Actions (login required)

View Item View Item