PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN BERDASARKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN(TPI)PANTAI BARON GUNUNG KIDUL BAGI SISWA SMA KELAS X

Angga Yuliesa , Widyawati (2012) PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN BERDASARKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN(TPI)PANTAI BARON GUNUNG KIDUL BAGI SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08304244026.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08304244026.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08304244026.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08304244026.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08304244026.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman ikan hasil tangkapan nelayan di TPI Pantai Baron, dan potensi TPI Pantai Baron sebagai sumber belajar yang dikemas dalam bahan ajar berbentuk modul pengayaan pada materi keanekaragaman hayati sehingga dapat diketahui kualitas modul. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menyatu dengan proses penyusunan modul, yakni menggunakan pengembangan bahan ajar, dengan ADDIE Model, namun dalam penelitian ini penyusunan modul hanya melalui tiga tahap Analysis, Design and Development (ADD) saja. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar penilaian kualitas modul. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data keanekaragaman jenis ikan hasil tangkapan nelayan di TPI Pantai Baron. Data keanekaragaman ikan diperoleh dari identifikasi yang mengacu pada buku kunci determinasi ikan (Hassanudin Saanin: 1968). Lembar angket penilaian kualitas modul digunakan untuk menilai kriteria kualitas modul yang dibuat antara lain terhadap aspek kelayakan isi/materi, aspek kabahasaan, aspek penyajian dan aspek kegrafikaan. Penilaian kualitas modul dilakukan oleh 2 orang guru biologi dan 10 siswa SMA N 2 Wonosari dengan krite ria siswa sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada nilai biologi materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di TPI Pantai Baron terdapat 27 jenis ikan dari 19 famili yang berbeda, 8 ordo yang berbeda dan dari 2 kelas yang berbeda. TPI Pantai Baron juga berpotensi sebagai sumber belajar yang dapat dikemas menjadi bahan ajar berbentuk modul, potensi tersebut yakni keanekaragaman jenis ikan hasil tangkapan nelayan di TPI Pantai Baron. Telah tersusun modul pengayaan materi keanekaragaman jenis ikan hasil tangkapan nelayan di TPI Pantai Baron Gunungkidul. Kualitas modul yang telah disusun ditinjau dari aspek kelayakan isi/materi, aspek kebahasaan, aspek penyajian dan aspek kegrafikaan sudah memenuhi kriteria bahan ajar dengan hasil baik. Kata kunci: Modul Pengayaan, Keanekaragaman Jenis Ikan, Sumber belajar, Bahan Ajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Pengayaan, Keanekaragaman Jenis Ikan, Sumber belajar, Bahan Ajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 17:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9156

Actions (login required)

View Item View Item