PENERAPAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS VIIIB DI SMP N 1 SEMANU PADA TEMA CAHAYA DAN MATA

ANA, KUSUMAWATI (2012) PENERAPAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS VIIIB DI SMP N 1 SEMANU PADA TEMA CAHAYA DAN MATA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08312244011.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08312244011.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08312244011.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08312244011.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOKUMENTASI-SURAT IJIN PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
peta konsep.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP-LEMBAR OBSERVASI.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS PEMBELAJARAN.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan guided inquiry. Hal ini didasarkan pada hasil observasi keterampilan proses siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Semanu tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pemberian tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterampilan proses siswa. Dengan menggunakan instrumen tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data keterampilan proses siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dan data diambil pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan guided inquiry pada tema cahaya dan mata dapat meningkatkan keterampilan proses siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Semanu tahun ajaran 2011/2012. Indikator keberhasilan dapat tercapai dengan baik dan ketercapaian keterampilan proses siswa meningkat sebesar 16,79 % pada siklus II. Kata kunci: pendekatan guided inquiry, keterampilan proses siswa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan guided inquiry, keterampilan proses siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:17
Last Modified: 18 Dec 2012 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9148

Actions (login required)

View Item View Item