ANA, KUSUMAWATI (2012) PENERAPAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS VIIIB DI SMP N 1 SEMANU PADA TEMA CAHAYA DAN MATA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08312244011.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08312244011.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08312244011.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08312244011.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
DOKUMENTASI-SURAT IJIN PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
peta konsep.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
RPP-LEMBAR OBSERVASI.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
SILABUS PEMBELAJARAN.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan guided inquiry. Hal ini didasarkan pada hasil observasi keterampilan proses siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Semanu tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pemberian tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterampilan proses siswa. Dengan menggunakan instrumen tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data keterampilan proses siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dan data diambil pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan guided inquiry pada tema cahaya dan mata dapat meningkatkan keterampilan proses siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Semanu tahun ajaran 2011/2012. Indikator keberhasilan dapat tercapai dengan baik dan ketercapaian keterampilan proses siswa meningkat sebesar 16,79 % pada siklus II. Kata kunci: pendekatan guided inquiry, keterampilan proses siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan guided inquiry, keterampilan proses siswa |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 01:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |