EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK DI SMK NEGERI 2 SRAGEN

Subono, S (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK DI SMK NEGERI 2 SRAGEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_EFFECTIVENESS_OF_MEDIA_INTERACTIVE_MULTIMEDIA_ON_ELECTRONIC_CONTROL_SYSTEM_COURSE_IN_THE__SMK_NEGERI_2_SRAGEN.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

[img] PDF 22Kb Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran Sistem Kendali Elektronik, dan (2) Efektivitas penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran sistem kendali elektronik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Sragen sedangkan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 60 orang siswa kelas XI . Jumlah sampel tersebut dibuat dua kelompok terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol yang masing-masing 30 orang siswa. Kelompok eksperimen menggunakan multimedia interaktif, sedangkan kelompok kontrol yaitu pembelajaran yang konvensional. Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dilanjutkan: prasyarat analisis dan pengujian beda rata-rata (uji t). Hasil penelitian pada siswa SMK Negeri 2 Sragen menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar pada aspek kognitif atas penggunaan multimedia interaktif nilai rata-rata (82,17), sedangkan media konvensional nilai rata-rata (68,33). Penggunaan multimedia interaktif lebih baik dari pada media konvensional dalam meningkatkan aspek kognitif, (t = 5,477; p = 0,000). (2) Hasil belajar pada aspek afektif atas penggunaan multimedia interaktif nilai rata-rata (82.32), sedangkan media konvensional (74.12). Penggunaan multimedia interaktif lebih baik dari pada media konvensional dalam meningkatkan aspek afektif, (t = 5,477; p = 0,000). Pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lebih efektif dibandingkan media konvensional. Hal ini dibuktikan untuk aspek kognitif t (5,477) > t 0,05 (58) = 1,671 dan P-value (0,000) < 0,05, aspek afektif t (5,961) > t 0,05 (58) = 1,671 dan P-value (0,000) < 0,05. Keunggulan multimedia interaktif dibandingkan media konvensional, yaitu mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, dan perhatian sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dampaknya yaitu prestasi belajar siswa meningkat. Berdasarkan keunggulan-keunggulan tersebut, dapat dijadikan pertimbangan guru untuk menggunakan multimedia interaktif dan bertahap meninggalkan pembelajaran yang konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2012 02:33
Last Modified: 29 Jan 2019 14:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item