UNIT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PLC

CAHYA, PRASTYANTO (2012) UNIT PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PLC. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -04501241024.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -04501241024.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -04501241024.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -04501241024.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -04501241024.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja hasil rancangan Modul Praktik PLC. Hasil uji kelayakan diharapkan dapat diketahui tingkat kelayakan bahan ajar dan Modul Praktik PLC. Modul praktik PLC dalam penelitian ini meggunakan PLC MITSUBISHI jenis Fx os-14MT-D. PLC jenis ini terdiri dari empat bagian utama yaitu Kontrol PLC, Inputan, Keluaran dan Power Supply. Implementasi hasil rancangan Modul Praktik PLC dilaksanakan pada Program Keahlian Elektronika Industri, Kelas XIA, XIB, dan XIC SMK Muda Patria Kalasan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Reasearch and Development (R and D), dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Persiapan, 2) Perancangan dan Penyusunan, 3) Tahapan Validasi, 4) Revisi Uji Unjuk Kerja rancangan Modul Praktik PLC, 5) Tahapan implementasi atau uji coba. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja Modul Praktik PLC secara keseluruhan berjalan sesuai yang diharapkan. Berdasarkan tahap pengujian unjuk kerja dan berdasarkan tabel pengujian, diketahui unuk kerja Modul Praktik PLC telah sesuai yang diinginkan yaitu : a). Logika AND, b). Logika OR, c). Logika Flag, d). Kendali 1 Output dari 3 Tempat, e). Kendali Lampu Menyala Berurutan Manual, f). Interlock 3 Masukan 3 Keluaran, g). Logika Timer, h). Kendali Lampu Secara Otomatis, i). Kendali Lampu Menyala Bergantian Otomatis, dan j). Logika Counter dapat berjalan sesuai dengan programnya. Penilaian tingkat kelayakan bahan ajar PLC didapatkan hasil penilaian guru pengampu sebesar 9,44 dengan kategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran, penilaian siswa dari aspek relevaansi bahan ajar sebesar 24,27 dikategorikan baik, aspek kemanfaatan sebesar 15,77 dikategorikan baik dan aspek teknis dan unjuk kerja sebesar 14,61 dikategorikan baik sehingga berdasarkan ketiga aspek tersebut maka hasil penilain siswa, modul praktik PLC layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Kata kunci: bahan ajar, modul plc, mata pelajaran plc

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, modul plc, mata pelajaran plc
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 07:58
Last Modified: 29 Jan 2019 17:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9105

Actions (login required)

View Item View Item