PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI LATIHAN LOMPAT KOTAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PANERUSAN KECAMATAN WADASLINTANG KAB. WONOSOBO

Endang, Erowati (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI LATIHAN LOMPAT KOTAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PANERUSAN KECAMATAN WADASLINTANG KAB. WONOSOBO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 10604227022.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 10604227022.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 10604227022.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 10604227022.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 10604227022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun atas dasar permasalahan yang muncul pada guru Penjasorkes yaitu belum tercapainya nilai materi lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri Panerusan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan lompat jauh melalui latihan lompat kotak pada siswa kelas V SD Negeri Panerusan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Panerusan berjumlah 30 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Januari sampai Mei 2012, pada semester genap tahun pelajaran 20011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi terhadap aktivitas guru, (2) observasi terhadap Aktivitas siswa (3) tes proses kemampuan lompat jauh, dan (4) tes hasil Kemampuan lompat jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran lompat jauh melalui latihan lompat kotak selama 2 siklus dapat meningkat. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa yaitu: pada siklus I hasil pengamatan terhadap aktivitas guru mencapai nilai 43 yang berarti termasuk pada kriteria sedang, pada siklus II mencapai nilai 63 termasuk pada kriteria tinggi. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa pada siklus I mencapai nilai 40 termasuk kriteria sedang, pada siklus II mencapai nilai 53 termasuk kriteria tinggi. (2) Nilai tes kemampuan lompat jauh siswa dapat mencapai KKM sebesar 75% dari jumlah siswa yang diteliti. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi sebelum dilakukan tindakan siswa yang mendapat nilai mencapai KKM baru sejumlah 13 atau 43,33%, pada siklus I terjadi penambahan jumlah siswa yang memiliki kemampuan sama atau di atas KKM yaitu 19 siswa atau 63,33%, dan pada siklus II jumlah siswa yang memiliki kemampuan lompat jauh sama atau di atas KKM sebanyak 25 siswa atau 83,33%. Hal ini membuktikan bahwa latihan lompat kotak yang digunakan sebagai metode pembelajaran lompat jauh sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: kemampuan lompat jauh, latihan lompat kotak, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan lompat jauh, latihan lompat kotak, siswa kelas V
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 17:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item