UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KEKUATAN DAN KELINCAHAN MELALUI BERMAIN SISWA KELAS V SDN BANARAN 1 GRABAG MAGELANG

Muhammad , Kholil (2012) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KEKUATAN DAN KELINCAHAN MELALUI BERMAIN SISWA KELAS V SDN BANARAN 1 GRABAG MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab1 -10601247012.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -10601247012.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -10601247012.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -10601247012.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -10601247012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran kekuatan dan kelincahan dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri Banaran 1 Grabag Magelang. Hal ini dilakukan mengingat bahwa setiap kegiatan belajar mengajar sebelumnya, siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam satu (1) siklus yang terdiri atas dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 70 menit. Subjek yang diteliti yaitu Kelas V SD Negeri Banaran 1 Grabag Magelang yang berjumlah 26 anak. Data diambil sebelum proses pembelajaran, pada saat proses pembelajaran dan sesudah pembelajaran oleh peneliti bersama kolaborator dengan menggunakan tabel observasi dan pendapat siswa melalui angket tanggapan siswa yang dibagikan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan, bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri Banaran 1 Grabag Magelang dapat meningkatkan kemampuan gerak kekuatan 92 % anak berkategori baik, 8 % siswa berkategori cukup. Untuk kelincahan 92% anak berkategori baik, 8% anak berkategori cukup. Untuk kerjasama 96% anak berkategori baik, 4% siswa berkategori cukup. Untuk tanggung jawab 100% anak berkategori baik. Untuk kejujuran 100% anak berkategori baik. Dari data tersebut dapat diambil rata-rata hasil penelitian sebesar 96% siswa berkategori baik dan 4 % berkategori cukup. Sehingga upaya peningkatan pembelajaran kekuatan dan kelincahan melalui pendekatan bermain dapat dikatakan berhasil dengan baik. Kata Kunci : Kekuatan, Kelincahan, Pendekatan Bermain, Siswa Kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan, Kelincahan, Pendekatan Bermain, Siswa Kelas V
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 06:33
Last Modified: 17 Dec 2012 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

View Item View Item