PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Rizal , Novandi (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER -07403241040.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 -07403241040.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 -07403241040.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 -07403241040.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -07403241040.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, (2) pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, dan (3) pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sasma terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan penelitian populasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta berjumlah 101 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 33 siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis 1 dan hipotesis 2 menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan pengujian hipotesis 3 menggunakan analisis regresi ganda dua prediktor yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data menggunakan uji linieritas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, dengan r x1y sebesar 0,514, sebesar 0,264 dan thitung 5,954 > ttabel 1,980. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dengan rx2y sebesar 0,579, sebesar 0,335 dan thitung 7,066 >ttabel 1,980. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dengan Ry(1,2) sebesar 0,642, sebesar 0,412 dan thitung 34,648 >ttabel 3,09.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 06:23
Last Modified: 29 Jan 2019 17:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8993

Actions (login required)

View Item View Item