FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KREDIT MACET DAN TEKNIK PENGENDALIANNYA PADA PT. BPR KURNIA SEWON BANTUL PERIODE 2007-2011

NUR , WAHYUNTORO (2012) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KREDIT MACET DAN TEKNIK PENGENDALIANNYA PADA PT. BPR KURNIA SEWON BANTUL PERIODE 2007-2011. D3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER -09409131003.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 -09409131003.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 -09409131003.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 -09409131003.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -09409131003.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) faktor-faktor penyebab kredit macet pada PT. BPR Kurnia Sewon Bantul, (2) teknik-teknik pengendalian yang digunakan pada PT. BPR Kurnia Sewon Bantul dalam mengatasi kredit macet, (3) Dampak pengendalian yang digunakan PT. BPR Kurnia Sewon Bantul dalam mengatasi kredit macet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang diperlukan adalah laporan kolektibitas kredit PT. BPR Kurnia Sewon Bantul mulai tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, atau pemilahan data dan pengambilan kesimpulan untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor-faktor penyebab kredit macet pada PT. BPR Kurnia Sewon Bantul terdiri dari faktor eksternal, seperti adanya salah urus dalam pengelolaan usaha bisnis perusahaan, Problem keluarga, kesulitan likuiditas, munculnya kejadian di luar kekuasaan debitur, serta watak buruk dari debitur. Sedangkan faktor internal, seperti keteledoran bank mematuhi peraturan pemberian kredit, terlalu mudah memberikan kredit, kurang memadainya staf bagian kredit yang berpengalaman, lemahnya pengawasan pimpinan kepada para staf, jumlah pemberian kredit yang melampaui batas kemampuan bank, lemahnya bank mendektesi timbulnya kredit bermasalah; (2) Teknik-teknik pengendalian yang digunakan PT. BPR Kurnia Sewon Bantul dalam mengatasi kredit macet terdiri dari teknik pengendalian preventif, misalnya: penyelesaian debitur dan kredit. Sedangkan teknik pengendalian represif, misalnya dengan cara negosiasi antara pihak bank dengan debitur, pemberian surat tagihan 1,2 dan 3, penyerahan hak penagihan piutang kepada badan-badan resmi dan penagihan kredit macet pada Balai Harta Peninggalan (BHP); (3) Dampak pengendalian yang digunakan PT. BPR Kurnia Sewon Bantul mampu menurunkan masalah kredit macet, hal ini dapat terlihat dari laporan kolektibilitas kredit macet yaitu pada tahun 2007 sebesar 7,22%, pada tahun 2008 sebesar 4,67%, pada tahun 2009 sebesar 2,73%, pada tahun 2010 sebesar 2,26%, dan pada tahun 2011 sebesar 2,36%.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

View Item View Item