STRATEGI INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

NISA RIZKI , AMALIA (2012) STRATEGI INTEGRASI SOFT SKILLS DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER -08402244004.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 -08402244004.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 -08402244004.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 -08402244004.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -08402244004.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi integrasi soft skills yang digunakan dalam pembelajaran; 2) mengetahui hambatan apa saja yang ditemui dalam menerapkan strategi yang digunakan; 3) mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan strategi integrasi soft skills dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, meliputi reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah guru-guru kompetensi keahlian admnistrasi perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi soft skills dalam pembelajaran kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) secara umum soft skills telah integrasikan dalam proses belajar mengajar dimulai dengan perencanaan dalam RPP, 2) strategi pembelajaran yang banyak digunakan dalam mengintegrasikan soft skills pada pembelajaran yaitu strategi kooperatif learning dengan metode diskusi; 3) terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya yaitu usia siswa SMK masih labil yang dengan mudah mendapatkan pengaruh lingkungan yang besar dan siswa yang masih acuh terhadap nilai-nilai soft skills; 4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ada adalah dengan cara melakukan pendampingan dengan siswa dan terus memberikan pemahaman tentang apa itu soft skills dan apa manfaatnya. Kata kunci : Strategi, Soft Skills, Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Soft Skills, Pembelajaran
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 14 Dec 2012 04:04
Last Modified: 29 Jan 2019 17:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8954

Actions (login required)

View Item View Item