PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING STRATEGI (CLS) TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN TEORI KELISTRIKAN DAN KONVERSI ENERGI KELAS X di SMK N 3 YOGYAKARTA

DHARMA PANCA , SANDI (2012) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING STRATEGI (CLS) TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN TEORI KELISTRIKAN DAN KONVERSI ENERGI KELAS X di SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prestasi siswa kelas X yang menggunakan metode Group Investigation dalam pembelajaran Konversi Energi; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan metode Group Investigation dan yang menggunakan metode ceramah; (3) mengetahui pengaruh nilai UN terhadap prestasi belajar pada pembelajaran menggunakan metode Group Investigation maupun yang menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X jurusan teknik pemesinan SMK N 3 Yogyakarta yang berjumlah 142 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Dengan teknik random sampling, dimana sampel kelas dipilih secara acak dengan undian dan sampel yang terpilih adalah kelas X TP 2: 36 siswa dan X TP 4: 35 siswa. Pengujian instrumen dilakukan dengan menggunakan pendapat ahli dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan uji t-test untuk mengetahui perbedaan atau peningkatan prestasi belajar setelah diberi perlakuan dan analisis data dengan menggunakan uji anova dua jalur untuk melihat pengaruh nilai UN terhadap prestasi belajar siswa setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peningkatan prestasi belajar siswa dengan metode Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah dengan hasil rata-rata (71,21>67,41); (2) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa kelas yang menggunakan metode pembelajaran group investigation dan siswa kelas dengan metode ceramah dengan hasil uji hipotesis (t-test) dengan thitung > ttable (2,11>2,00); (3) tidak terdapat pengaruh nilai UN terhadap prestasi siswa kelas X untuk mata pelajaran Konversi Energi berdasarkan uji anova dengan hasil fhitung < ftabel (1,3<4,00 (5%)) dan 1,3<7,08 (1%)). Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol dilihat dari uji t-test sebesar 2,11 serta tidak terdapatnya pengaruh nilai UN terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Konversi Energi dilihat dari uji anova dua jalur dengan fhitung sebesar 1,3.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2012 01:41
Last Modified: 29 Jan 2019 17:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8884

Actions (login required)

View Item View Item