Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru

Sunilsun, Sunilsun (2025) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
sunilsun_23011640050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai faktor dapat memengaruhi kinerja guru, di antaranya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dari 321 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (F-hitung = 145,801; p < 0,05). Secara parsial, kepemimpinan transformasional kepala sekolah (t-hitung = 9,673), motivasi kerja (t-hitung = 12,834), dan disiplin guru (t-hitung = 12,832) juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru (p < 0,05). Uji determinasi menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut secara bersama-sama menjelaskan 57,99% variasi dalam kinerja guru, sementara 42,01% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Motivasi kerja memiliki pengaruh paling dominan dengan kontribusi sumbangan efektif sebesar 22,58% dan sumbangan relatif sebesar 38,94%, diikuti oleh disiplin guru dengan kontribusi yang sama, serta kepemimpinan transformasional kepala sekolah degan sumbangan efektif sebesar 12,83%, dan sumbangan relatif sebesar 22,12%. Peningkatan kinerja guru dapat dicapai dengan memperkuat kepemimpinan transformasional kepala sekolah serta meningkatkan motivasi dan disiplin kerja guru. Temuan ini memberikan implikasi bagi kepala sekolah dan pemangku kebijakan dalam merancang strategi peningkatan kualitas pendidikan berbasis kepemimpinan yang efektif dan budaya kerja yang lebih produktif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Disiplin Guru, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:40
Last Modified: 22 Dec 2025 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88838

Actions (login required)

View Item View Item