Dwikawati, Dewi Kusuma (2025) Analisis Perencanaan Berbasis Data Pada Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (ARKAS) di SMP Negeri Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
dewi kusuma dwikawati_23011640163.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada ARKAS, mengetahui dampak dari Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada ARKAS, dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada ARKAS di SMP Negeri Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana telah diimplementasikan di dua SMP Negeri Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Adapun yang menjadi subjek penelitian terdiri dari 2 orang Kepala Sekolah, 2 orang bendahara dan 1 orang guru. Metode pengumpulan data di penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, mengarah pada teori Miles dan Huberman yaitu melalui: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa semua sekolah sudah melakukan perencanaan berbasis data dalam menyusun ARKAS, dimana Kepala sekolah bersama tim bendahara BOS dan guru menelaah hasil Rapor Pendidikan. Dari hasil rekomendasi yang ada di Rapor Pendidikan tidak semua indikator rekomendasi dimasukkan ke dalam penyusunan ARKAS mengingat kebutuhan sekolah lainnya yang berbeda-beda dan harus dipenuhi. PBD pada SMPN 1 Pangkalan Kerinci memuat rekomendasi dari Rapor Pendidikan dengan 8 kegiatan yang dimasukkan ke dalam ARKAS. Pada SMPN 2 Pangkalan Kerinci, hanya mampu memasukkan 3 indikator rekomendasi dari Rapor Pendidikan dengan 3 kegiatan yang dimasukkan dalam ARKAS. PBD ini digunakan sebagai acuan dalam menyusun ARKAS agar lebih terarah dan menimimalisir terjadinya penyelewengan dana BOS karena dalam membuat anggaran terpantau oleh tim MARKAS yang ada di Dinas Pendidikan. Adapun dalam proses Perencanaan Berbasis Data ini didukung oleh tersedianya data yang akurat dan relevan, kompetensi pengelola sekolah yang cakap dalam membuat perencanaan, terdapatnya budaya pengambilan keputusan berbasis data dan adanya sistem monitoring dan evaluasi. Faktor penghambat dalam Perencanaan Berbasis Data ini antara lain: kurangnya pemahaman dan kompetensi dalam membuat perencanaan, keterbatasan infrastruktur dalam mengakses data, dukungan pendampingan yang terbatas, manajemen waktu.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Berbasis Data, Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan FIP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:01 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:01 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
