Wardhani, Ervina Sri Kusuma (2024) Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, dan Budaya Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tabir Timur Kabupaten Merangin. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
ervina sri kusuma wardhani_20703251030.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan kerja, (2) motivasi kerja, dan (3) budaya kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tabir Timur Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasinya adalah semua guru Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Tabir Timur. Data penelitian diambil dengan menggunakan seluruh populasi yang ada, yakni berjumlah 68 Orang guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validasi item dengan pertimbangan ahli dan uji coba secara empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan kerja (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru, lingkungan kerja yang baik, mencakup aspek fisik seperti penerangan, kebersihan, dan keamanan, serta aspek non-fisik seperti hubungan sosial dan suasana kerja, sangat berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja guru. (2) Motivasi kerja (X2) juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru Motivasi kerja yang tinggi, baik intrinsik maupun ekstrinsik, mendorong guru untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan lebih baik, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja mereka. (3) Budaya kerja (X3) menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru, budaya kerja yang positif dan mendukung, termasuk nilai-nilai, norma, dan praktik yang baik dalam organisasi, membantu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan bekerja, yang pada gilirannya meningkatkan kinerja guru. (4) Uji simultan menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut, yaitu lingkungan kerja, motivasi kerja, dan budaya kerja, secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan F-score sebesar 63.517 dan nilai p sebesar .000. Ini menandakan bahwa pengelolaan lingkungan kerja, peningkatan motivasi kerja, dan pembentukan budaya kerja yang positif harus dilakukan secara terpadu untuk mencapai hasil kinerja yang optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan kerja, motivasi kerja, dan budaya kerja merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja guru. Upaya peningkatan kualitas pendidikan di wilayah Tabir Timur dapat dilakukan melalui perbaikan ketiga aspek tersebut, yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas dan kinerja guru serta kualitas pendidikan secara keseluruhan.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | lingkungan kerja, motivasi kerja, budaya kerja |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan FIP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:29 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:29 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
