Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu SMA Negeri 3 Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta

Frihastama, Ridho (2024) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu SMA Negeri 3 Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ridho frihastama_20703251026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu SMA Negeri 3 Yogyakarta dan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalm meningkatkan mutu Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Bidang Kurikulum, Bidang Kesiswaan, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pertanyaan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, & Saldana (2018) dengan langkah-langkah kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Negeri 3 Yogyakarta dan MAN 1 Yogyakarta sudah sejalan dengan standar pengelolaan penerapan MBS. Dalam meningkatkan mutu pendidikan, kedua sekolah ini memiliki kepemimpinan sekolah yang mandiri karena telah melakukan pengelolaan dan pengambilan keputusan tanpa adanya intervensi dari luar. Selain itu, dalam pengelolaannya kedua sekolah ini melibatkan partisipasi aktif warga sekolah, baik peserta didik, guru, tenaga kependidikan, alumni, orang tua/wali, maupun warga sekitar sekolah dalam setiap program. Di kedua sekolah ini terdapat peningkatan kurikulum dan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dan potensi peserta didik dengan mengintegrasikan inovasi pembelajaran dan teknologi terbarukan. SMA Negeri 3 Yogyakarta juga menerapkan pendidikan yang inklusif dengan memberikan kuota kepada ABK dan siswa dari golongan kuang mampu. Dari segi manajemen keuangan, kedua sekolah transparan dan akuntabel dalam mengelola program maupun anggaran. Selain itu, pemantauan dan evaluasi juga dilaksanakan secara kontinu untuk memastikan tujuan peningkatan mutu tercapai dengan mengevaluasi hasil belajar siswa dan kinerja guru. Dengan demikian, implementasi MBS di SMA Negeri 3 Yogyakarta dan MAN 1 Yogyakarta dapat meningkatkan mutu pendidikan. Disarankan bagi SMA Negeri 3 Yogyakarta untuk mengevaluasi ulang penataan sarana yang dimiliki agar dapat digunakan lebih optimal. Adapun bagi MAN 1 Yogyakarta dapat mengajukan penerapan pendidikan inklusif kepada Kemenag agar implementasi MBS juga dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen berbasis sekolah, mutu sekolah, sma/ma
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:35
Last Modified: 08 Dec 2025 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88769

Actions (login required)

View Item View Item