MANAJEMEN PENELUSURAN DAN PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT SISWA DI MTs NUR IMAN MLANGI GAMPING SLEMAN DAN MTS MA’ARIF DARUSSHALIHIN SLEMAN

Faozi, Ahmad (2024) MANAJEMEN PENELUSURAN DAN PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT SISWA DI MTs NUR IMAN MLANGI GAMPING SLEMAN DAN MTS MA’ARIF DARUSSHALIHIN SLEMAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ahmad faozi_20703251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan; (1) perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam penelusuran dan pengembangan minat dan bakat siswa. (2) faktor pendukung dan penghambat penelusuran dan pengembangan bakat dan minat siswa. (3) cara mengatasi permasalahan yang terjadi di di dalam proses manajemen penelusuran dan pengembangan minat dan bakat siswa di MTs Nur Iman Mlangi dan MTs Ma’arif Darusshalihin. Pendekatan penelitian dengan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Nur Iman Mlangi dan MTs Ma`arif Darusshalihin. Subjek penelitian, yaitu: Waka Kesiswaan, Guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data meliputi: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Proses analisis data menggunakan tehnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; (1) manajemen penelusuran dan pengembangan minat dan bakat siswa di MTs Nur Iman Mlangi dan MTs Ma`arif Darusshalihin dilakukan melalui 4 proses yaitu (a) tahap perencanaan program pada awal tahun pelajaran dengan penyusunan program kerja atau program madrasah dengan dukungan anggaran dari sekolah yang juga disusun di awal tahun pelajaran; (b) tahap pengorganisasian dilakukan dengan mengorganisir bakat siswa melalui identifikasi tujuan, penyeleksian, serta mengorganisasikannya menggunakan instrumen kuesioner; (c) tahap pelaksanaan pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ektrakurikuler dan intrakurikuler serta pemberian materi yang dilakukan dengan mempertimbangkan IQ dan potensi yang dimiliki siswa; (d) tahap evaluasi pelaksanaan kegiatan pengembangan bakat dan minat siswa yang dilakukan saat berlangsungnya kegiatan melalui pengamatan langsung. (2) Faktor pendukung adalah adanya pembina dan penanggungjawab, pelatih yang berkompeten, adanya kebersamaan dari seluruh elemen yang terkait, motivasi guru, input peserta didik dalam jumlah banyak dan dukungan dari wali murid. Adapun faktor Penghambat yaitu belum adanya buku panduan, sarana dan prasarana dan fasilitas yang belum memadai, serta kurang disiplinnya siswa dalam mengikuti kegiatan. (3) Dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan manajemen penelusuran dan pengembangan minat dan bakat siswa di MTs Nur Iman Mlangi dan MTs Ma’arif Darusshalihin adalah dengan; (a) meningkatkan fasilitas dan alokasi sumber daya, baik secara internal maupun dengan dukungan dari pihak luar; (b) memperluas cakupan program ekstrakurikuler dan memberikan lebih banyak pilihan kegiatan; (c) komunikasi dan Kolaborasi dengan stakeholder (yayasan, orang tua murid, dan komunitas lokal) untuk mendukung pengembangan program yang lebih inklusif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, penelusuran, pengembangan, minat, bakat
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2025 05:41
Last Modified: 08 Dec 2025 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88768

Actions (login required)

View Item View Item