MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH PENGGERAK SEKOLAH DASAR DI SDN MEKARWANGI 1 DAN SDS PLUS PELITA INSANI

Rachmah, Aulia (2024) MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH PENGGERAK SEKOLAH DASAR DI SDN MEKARWANGI 1 DAN SDS PLUS PELITA INSANI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
aulia rachmah_20703251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1.) Mendeskripsikan manajemen kurikulum di Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani, (2) Menganalisis permasalahan pelaksanaan Kurikulum Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2023 di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani Informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, dan staf dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis data interaktif, yakni kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen kurikulum pada Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani sudah berjalan dengan baik meliputi tahapan sebagai berikut, Perencanaan kurikulum yang diawali dengan penyusunan KOSP, Penyusunan perencana pembelajaran berupa perangkat pembelajaran dan perencanaan assessment siswa. Sedangkan Pelaksanaan kurikulum pada Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Pelita Insani sudah berjalan kondusif namun diperlukan adanya pengembangan materi yang lebih disesuaikan dengan konteks esensi dari kurikulum yang digunakan di sekolah penggerak. Evaluasi kurikulum pada Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Pelita Insani. Evaluasi yang dilaksanakan berupa evaluasi harian, evaluasi per unit belajar, evaluasi per semester dan evaluasi pertahun. (2) Analisis permasalahan pelaksanaan Kurikulum Sekolah Penggerak di SDN Mekarwangi 1 dan SDS Plus Pelita Insani meliputi, Pemahaman dan pengetahuan guru yang masih terbatas terhadap kurikulum merdeka, Gagap dalam penggunaan IT, Tidak Memiliki Pengalaman Kemerdekaan Belajar, Keterbatasan Referensi Pembelajaran, Kurangnya Media Pendukung Dalam Pembelajaran Pendidikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Penggerak, Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2025 05:19
Last Modified: 08 Dec 2025 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88767

Actions (login required)

View Item View Item