PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA. MUSLIMAT SOMOKATON

Mahmudah, Arifatul (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA. MUSLIMAT SOMOKATON. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ARIFATUL M.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Peningkatan kemampuan mengenal konsep matematika melalui pembelajaran kooperatif pada anak usia dini kelompok B di RA. Muslimat Somokaton ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep matematika anak usia dini khususnya yaitu penambahan, pengurangan, dan memperkirakan urutan pola pada anak usia dini kelompok B di RA. Muslimat Somokaton. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga siklus, dimana siklus ketiga merupakan pemantapan dari siklus kedua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak usia dini kelompok B di RA. Muslimat Somokaton tahun pelajaran 2011/2012 pada bulan Oktober sampai November yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Sedangkan objek penelitian adalah kemampuan mengenal konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep matematika. Pada kondisi awal kemampuan mengenal konsep matematika anak baik sejumlah 3 (21%), setelah dilakukan penelitian siklus 1, meningkat menjadi 9 (64%) anak, karena belum memenuhi indikator keberhasilan maka dilanjutkan sikus 2. Dan setelah dilakukan tindakan pada siklus 2 kemampuan anak dalam mengenal konsep matematika anak meningkat menjadi 10 (71%). Karena pada siklus 2 belum ada peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan maka penelitian dilanjutkan pada siklus 3. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 3 meningkat menjadi 11 (78%) anak yang mampu mengenal konsep matematika. Subjek sudah memenuhi indikatorkeberhasilan, maka penelitian ini dicukupkan pada siklus 3. Kata kunci: konsep matematika, anak usia dini, pembelajaran kooperatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 26 Jun 2012 06:05
Last Modified: 29 Jan 2019 13:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item