KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KHADIJAH SURABAYA

Abadi, Izmy Wulan (2023) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KHADIJAH SURABAYA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
izmy wulan abadi_19703251051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kualitas pembelajaran di SMA Khadijah Surabaya, 2) mendeskripsikan kepemimipinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Khadijah Surabaya, 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Khadijah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menganalisis kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Khadijah Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, waka humas, waka kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) kepala Sekolah Menengah Atas Khadijah memiliki dimensi-dimensi kepemimpinan transformasional dimensi Idealized Influence yaitu terbuka dalam menerima kritik dan tidak memiliki sikap arogansi sebagai pimpinan, memiliki tekad dan gigih untuk mewujudkan visi misi dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dengan konsisten. 2) Dimensi Inspirational Motivation: memberikan motivasi untuk ikut program- program dari pemerintah dan aktif berinovasi dan penguatan-penguatan. 3) Dimensi Intelectual Stimulation: merangsang kemauan dan kemampuan pengikut untuk selalu inovatif dan kreatif, tidak mengkritik ide yang berbeda dari pemimpin secara publik, dan memiliki pemikiran terbuka, menghargai keberagaman siswa, guru dan karyawan serta memberikan pertimbangan-pertimbangan efektivitas dan efisiensi. 4) Dimensi Individualized Consideration: meluangkan waktu mendengarkan usulan dari warga sekolah, memancing guru untuk berinovasi, memberikan kemerdekaan kepada guru untuk berkreativitas, dan memberikan reward atas prestasi dan loyalitas guru dalam sistem poin yang diakumulasi di akhir semester. Peningkatan sumber daya manusia memberikan peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Khadijah. Faktor pendukung di antaranya guru dan karyawan yang bersinergi mewujudkan visi misi, aktif menyampaikan pendapat, mengoptimalkan potensi yang ada, fasilitas yang memadahi dan dukungan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa berada di zona nyaman pada guru dan karyawan karena semua fasilitas terpenuhi yang berpotensi memunculkan rasa malas untuk menambah inovasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan transformasional, kepala sekolah, kualitas pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Nov 2025 03:42
Last Modified: 28 Nov 2025 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88693

Actions (login required)

View Item View Item