IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL KEPEMIMPINAN: TOING, TOMING, TITONG DALAM KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN GURU SMA NEGERI 1 RAHONG UTARA, MANGGARAI

Asas, Martina E. Nataya Claudia (2023) IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL KEPEMIMPINAN: TOING, TOMING, TITONG DALAM KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN GURU SMA NEGERI 1 RAHONG UTARA, MANGGARAI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
martina e.nataya claudia asas_19703251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui implementasi kearifan lokal kepemimpinan: Toing, Toming, Titong dalam kepemimpinan pembelajaran guru di SMA Negeri 1 Rahong Utara, Manggarai Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengimplementasian Toing dalam kepemimpinan pembelajaran guru dapat dilakukan dengan cara mengajar, menyisipkan nilai-nilai kehidupan dalam materi pembelajaran, memberikan nasihat kepada peserta didik yang bermasalah, serta memberikan motivasi kepada peserta didik. Pengimplementasian Toing dapat dilakukan kapan saja dalam kegiatan pembelajaan di kelas. 2) Pengimplementasian Toming dalam kepemimpinan pembelajaran guru dapat dilakukan dengan cara menjaga sikap dan tutur kata, memberikan contoh soal dalam pembelajaran, serta berbagi pengalaman hidup kepada peserta didik. Pengimplementasian Toming dapat dilakukan kapan saja dalam kegiatan pembelajaan di kelas. 3) Pengimplementasian Titong dalam kepemimpinan pembelajaran guru di jelas dapat dilakukan dengan cara membiasakan peserta didik melakukan hal-hal baik seperti disiplin waktu, bertutur kata yang baik dan sopan, berdoa baik di sekolahmaupun di lingkunagn tempat tinggal. Disamping itu Titong juga dapat diimplementasikan ketika guru mengarahkan dan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Pengimplementasian Titong dapat dilakukan kapan saja dalam kegiatan pembelajaan di kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kearifan lokal, Kepemimpinan pembelajaran guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Nov 2025 03:00
Last Modified: 28 Nov 2025 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88690

Actions (login required)

View Item View Item