WARDANI, NAWAF RAHMA (2023) MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH SWASTA DI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA DAN SDIT AL-ISLAM KUDUS. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
nawaf rahma wardani_19703251019.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (330kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pemasaran sekolah, faktor-faktor pemasaran, dan model pemasaran sekolah di SD Intis School Yogyakarta dan SDIT Al-Islam Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 Kepala Sekolah, 2 Wakil Kepala Kesiswaan, 1 Bidang Hubungan Masyarakat, dan 4 Wali Murid di SD Intis Yogyakarta dan SDIT Al- Islam Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan. (1) Manajemen pemasaran SD Intis School Yogyakarta dan SDIT Al-Islam Kudus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Pertama, perencanaan pemasaran di SDIT Al-Islam dilakukan dengan pembentukan tim PPDB dan penentuan SPP. Perencanaan pemasaran di SD Intis School diawali dengan rapat untuk mempersiapkan panitia PPDB, menganalisis pesaing sekolah, dan mengevaluasi penerimaan murid baru pada tahun sebelumnya. Kedua, implementasi pemasaran di SD Intis School dan SDIT Al-Islam dengan melakukan promosi melalui media sosial. Ketiga, evaluasi pemasaran di SD Intis School dan SDIT Al-Islam dilakukan setiap bulan sekali dan setelah penerimaan siswa baru berakhir. (2) Faktor pendukung pemasaran di SD Intis School dan SDIT Al-Islam yaitu kesiapan bagian operator sekolah untuk melakukan promosi di media sosial, sedangkan faktor penghambat pemasaran berupa tim yang kelelahan dalam melaksanakan promosi karena banyaknya kegiatan di luar pemasaran yang menguras tenaga. (3) Model pemasaran di SD Intis School menggunakan model outbond marketing strategy sedangkan di SDIT Al-Islam Kudus menggunakan inbound marketing strategy.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran, sekolah dasar, model pemasaran sekolah |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan FIP |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 02:54 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 02:54 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
