KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KONSTRUKTIVIS (Studi Kasus di Pesantren Pelajar Mahasiswa Aswaja Nusantara Yogyakarta)

AINUROFIQ, WAHIB (2023) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KONSTRUKTIVIS (Studi Kasus di Pesantren Pelajar Mahasiswa Aswaja Nusantara Yogyakarta). S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
wahib ainurofiq_19703251058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana kepemimpinan kiai di PPM Aswaja Nusantara; (2) mengetahui bagaimana penyelenggaraan pendidikan konstruktivis di PPM Aswaja Nusantara; (3) mengetahui kaitan antara kepemimpinan tranformasional dengan penyelenggaraan pendidikan konstruktivis di PPM Aswaja Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kiai, ustadz, dan santri. Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan perencanaan dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh kiai dan santri. Studi dokumentasi dilakukan dengan melihat rencana strategis pondok pesantren dan dokumen perencanaan pembelajaran santri, serta aktivitas kiai dan santri di sosial media. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kiai pemimpin dan pengasuh Pesantren Pelajar Mahasiswa Aswaja Nusantara memiliki gaya kepemimpinan tranformatif. Kepemimpinan kiai memiliki empat aspek yaitu inspirational motivation, idealized influence, intellectual stimulation dan individual consideration. Kiai memotivasi dengan beragam cara, menjadi teladan, mengembangkan intelektualitas dan dalam memimpin santri-santrinya mampu memberi teladan dan membangun komunikasi secara personal dengan santri. Kepemimpinan tersebut membawa kiai untuk menyelenggarakan pendidikan konstruktivis. Hal itu nampak dari upaya kiai dalam memberi kesempatan bagi santri secara aktif mengonsep dan memperoleh suatu pengetahuan melalui praktik dan interaksi sosial. Kiai bersikap fleksibel menyesuaikan kondisi santri. Kiai juga membangun suasana yang inklusif dan setara sehingga memungkinkan santri untuk memberikan pendapat atau pun aspirasinya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kiai, kepemimpinan transformasional, pendidikan konstruktivis, santri
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Nov 2025 02:31
Last Modified: 28 Nov 2025 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88685

Actions (login required)

View Item View Item