Yatini, Yatini (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINS YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN 4C DI SEKOLAH VOKASI KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
yatini_19703251039.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi manajemen dalam proses berikut: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan dan (4) evaluasi pembelajaran Creativity, Critical Thinking, Collaboration, and Communication mata pelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMTI Yogyakarta, SMTI Makassar, SMTI Padang, SMAK Padang, SMTI Banda Aceh, dan SMAK Bogor. Subjek penelitian terdiri dari 30 guru sains yang mengampu mata pelajaran sains di 6 sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C dilakukan guru dengan menyusun RPP. (2) Pengorganisasian pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C terdiri dari dua hal: (a) Pengorganisasian melalui RPP mengacu pada Taksonomi Bloom. (b) Pengorganisasian melalui kegiatan pembelajaran yang terdiri dari: stimulation (pemberian stimulus), problem statement (identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), verification (menguji hasil), dan generalization (generalisasi). (3) Pelaksanaan pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C : (a) creativity (kreativitas) dilakukan guru dengan mengadakan kompetisi menjawab soal, menuntut siswa membuat jawaban berbeda, membuat produk, melakukan modifikasi, praktikum, dan literasi. (b) critical thinking (berpikir kritis) dilakukan guru dengan meminta siswa menganalisis artikel, membuat media, memberikan contoh kasus, mengajak siswa untuk berpikir, dan memberikan soal pertanyaan. (c) collaboration (kolaborasi) dilakukan guru dengan meminta siswa berdiskusi dan mengerjakan project kelompok. (d) communication (komunikasi) dilakukan guru dengan meminta siswa menjawab pertanyaan, mempresentasikan hasil diskusi, menuliskan jawaban di papan tulis, meminta siswa bertanya, mengkirtisi dan memberikan saran. (4) Evaluasi pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C terdiri dari: (a) Motivasi belajar siswa ada yang antusias dan aktif. (b) Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C: kreativitas guru, kesiapan guru, sarana dan prasaran, sarana dan prasarana, motivasi siswa, kualitas SDM Pengajar, waktu yang cukup, materi yang sesuai, kurikulum yang sesuai, dan kerjasama siswa dan guru. (c) Kendala pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C adalah: tidak semua materi cocok dibuat pembelajaran 4C, adanya peer teaching, kurangnya persiapan guru, siswa kurang memahami Matematika Dasar, keterbatasan waktu pembelajaran. (d) Upaya untuk mengatasi kendala pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C adalah 4C pemberian sistem point, diskusi sesama rekan kerja, koordinasi dengan wali kelas, siswa memahami materi lewat video, mengajak siswa literasi, memperbaiki Matematika Dasar siswa, persiapan guru yang matang, dan penambahan tugas di luar KBM. (e) Harapan-harapan guru terhadap pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C adalah sebagai berikut: siswa dapat belajar mandiri dan mencari sumber belajar lain, memahami kompetensi dasar, mudah mendapatkan pekerjaan, mampu mengembangkan peralatan sistem komputer, memahami alat-alat teknologi, mengaplikasikan ilmu di pelajaran lain, disiplin dan percaya diri, mampu berpikir kritis dan berkomunikasi dengan baik.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembelajaran, Sains, Kemampuan, 4C |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan FIP |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 02:27 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 02:27 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
