INUNG , PRATIWI (2012) PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI RECIPROCAL TEACHING MODEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MATERI MENGELOLA ADMINISTRASI SURAT BERHARGA JANGKA PENDEK SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover -08403241003.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 -08403241003.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 -08403241003.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 -08403241003.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran -08403241003.pdf Download (433kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam pelajaran Akuntansi Keuangan dengan menggunakan Reciprocal Teaching Model di kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta, (2) meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui Reciprocal Teaching Model di kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta, (3) mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi 1 terhadap pembelajaran Akuntansi Keuangan melalui Reciprocal Teaching Model. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta sebanyak 36 orang. Istrumen yang digunakan meliputi: lembar observasi kemandirian belajar, soal tes penguasaan konsep, catatan lapangan, dan angket respon siswa. Pelaksanaan pembelajaran Akuntansi dengan Reciprocal Teaching Model mampu meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta yang meliputi: (1) kegiatan awal: guru menyampaikan apersepsi dan motivasi mengenai materi yang dipelajari; (2) kegiatan inti: kerja kelompok yang meliputi diskusi clarifying, diskusi predicting, diskusi questioning, diskusi summarizing, dan presentasi kelompok; (3) penutup: guru mengajak siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Setelah dilaksanakan pembelajaran Akuntansi dengan Reciprocal Teaching Model di kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta terjadi peningkatan penguasaan konsep yang terlihat dari hasil tes penguasaan konsep yang mengalami peningkatan setelah siklus II, yaitu sebanyak 35 siswa atau 97,2% dari banyak siswa kelas X Akuntansi 1 mengalami peningkatan pada skor total penguasaan konsep hingga kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil observasi kemandirian belajar siswa yang mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi kemandirian belajar siswa pada siklus I sebesar 76,74% (kategori baik) dan siklus II naik menjadi 88,89% (kategori sangat baik). Di samping itu, hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa kelas X Akuntansi 1 merespon positif (baik) pelaksanaan pembelajaran akuntansi dengan Reciprocal Teaching Model.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 13 Dec 2012 04:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8865 |
Actions (login required)
View Item |