Pengembangan Model Pembelajaran Profetik Tilāwah Tazkiyah dan Ta’līm (MPPT3) untuk mengajarkan Agama Islam Anak Usia Dini

Aziz, Hafidh and Sudrajat, Ajat (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Profetik Tilāwah Tazkiyah dan Ta’līm (MPPT3) untuk mengajarkan Agama Islam Anak Usia Dini. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_hafidh aziz_18703264026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengembangkan Model Pembelajaran Profetik Tilāwah Tazkiyah dan Ta’līm (MPPT3) yang sesuai untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini. 2. Menguji kelayakan Model Pembelajaran Profetik Tilāwah Tazkiyah dan Ta’līm (MPPT3) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba lapangan. 3. Menguji efektivitas Model Pembelajaran Profetik Tilāwah Tazkiyah dan Ta’līm (MPPT3) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dimodifikasi dengan tahapan validasi ahli dan uji coba lapangan, sebagaimana diadaptasi dari model Borg & Gall. Tahap analisis dilakukan melalui studi pendahuluan dengan Teknik survey, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi di 3 RA/TK Islam di Yogyakarta. Tahap desain merancang perangkat pembelajaran berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Pada tahap pengembangan, produk divalidasi oleh ahli materi dan media. Selanjutnya, tahap implementasi melibatkan uji coba terbatas dan uji coba lapangan utama untuk melihat kepraktisan dan efektivitas model. Evaluasi dilakukan melalui uji kevalidan, kepraktisan, keefektifan, serta analisis statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji normalitas, uji-t atau alternatif nonparametrik (Wilcoxon dan Mann– Whitney), dan perhitungan N-Gain score untuk menilai peningkatan hasil belajar agama Islam anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Model Pembelajaran Profetik berbasis tilāwah, tazkiyah, dan ta’līm yang terintegrasi dengan prinsip profetik dapat merekonstruksi pendekatan pendidikan agama Islam anak usia dini secara konseptual dan praktis. 2. Model MPPT3 berhasil dikembangkan secara sistematis dan terbukti layak dan valid secara teoretis dan empiris. MPPT3 ditegaskan melalui hasil validasi akhir, yaitu skor 92,5% (media) dan 95,8% (materi), serta nilai CVR = 1,00, dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran agama Islam anak usia dini. 3. Model MPPT3 juga terbukti efektif. Hasil uji coba utama menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol, dibuktikan dengan uji Mann–Whitney U (p = 0,0001) dan analisis N-Gain yang menunjukkan rata-rata 0,350 (kategori sedang) pada kelompok eksperimen dibandingkan 0,240 (kategori rendah) pada kelompok kontrol. Secara teoritis Model MPPT3 menyatukan fondasi epistemologi Islam klasik dengan pendekatan pedagogi kritis-konstruktif kontemporer, dalam kerangka pengembangan spiritualitas dan kesadaran kritis sesuai tahap perkembangan anak usia dini. Secara praktis, penelitian ini menawarkan kerangka pembelajaran alternatif untuk pendidikan anak usia dini Islam.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model MPPT3, nilai agama islam, pedagogi islami holistik, pembelajaran profetik, pendidikan anak usia dini
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:09
Last Modified: 11 Dec 2025 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88615

Actions (login required)

View Item View Item