PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI

INDRIANA MEI , LISTIYANI (2012) PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER -08403241036.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 -08403241036.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 -08403241036.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 -08403241036.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -08403241036.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan komik sebagai media pembelajaran akuntansi untuk siswa SMA kelas XI; (2) Mengetahui kelayakan komik akuntansi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru akuntansi; (3) Mengetahui pendapat siswa mengenai media pembelajaran berbentuk komik akuntansi (4) Mengetahui dampak penggunaan komik akuntansi pada pembelajaran akuntansi SMA Kelas XI melalui nilai tes siswa untuk kompetensi persamaan dasar akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dalam pembelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Atas. Model pengembangan yang diterapkan terdiri atas; 1) tahap analisis kebutuhan, 2) tahap desain produk, 3) tahap produksi, 4) tahap validasi dan evaluasi, 5) tahap revisi, 6) tahap uji coba produk, serta 7) tahap analisis dan revisi akhir. Tahap validasi dilakukan dengan validasi produk yang dilakukan oleh ahli materi akuntansi, ahli media pembelajaran dan praktisi pembelajaran akuntansi SMA yaitu guru akuntansi SMAN I Candimulyo. Produk yang dikembangkan diujicobakan pada 24 siswa kelas XI SMAN 1 Candimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Angket kelayakan untuk ahli dan praktisi, angket pendapat dan soal tes ditujukan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk Komik Akuntansi ini sangat layak untuk digunakan, terbukti dengan skor penilaian oleh ahli materi dengan jumlah 131,11 atau sebesar 87,54% (sangat baik), skor penilaian ahli media jumlah 105,50 atau sebesar 92% (sangat baik) dan skor penilaian oleh praktisi pembelajaran dengan jumlah 169 atau sebesar 99,39% (sangat baik). Pada ujicoba lapangan pembelajaran dengan menggunakan komik akuntansi, berhasil meningkatkan rata-rata nilai test siswa dari 51,88 manjadi 92,5. Dengan demikian, media pembelajaran berbentuk komik ini sangat layak digunakan untuk pembelajaran akuntansi di SMA Kelas XI. Kata Kunci: Komik Akuntansi, Media Pembelajaran, Persamaan Dasar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komik Akuntansi, Media Pembelajaran, Persamaan Dasar Akuntansi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 04:34
Last Modified: 29 Jan 2019 17:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item View Item