PAJI, ANTONIUS MARIO S. B (2023) PERAN KINERJA GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
antonius mario saccaria beda paji_20703251009.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengukur: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran; (2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (3) pengaruh kinerja guru terhadap mutu pembelajaran; (4) peran kinerja guru dalam memediasi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh sekolah dasar yang ada di Kabupaten Flores Timur sebanyak 280 sekolah, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 57 sekolah. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik multistage random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan skala penilaian menggunakan rating scale dengan empat alternatif jawaban. Uji validitas menggunakan uji convergent validity dan kemudian uji reliabilitas instrumen menggunakan composite reliablility. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran dilihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,339 dan nilai p-value 0,011; (2) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dilihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,713 dan nilai p-value 0,000; (3) kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran dilihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,444 dan nilai p- value 0,001; (4) kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran dimediasi oleh kinerja guru dilihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,713 dan nilai p-value 0,002. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru memiliki peran yang sangat penting atau berarti terhadap mutu pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, mutu pembelajaran |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan FIP |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 06:57 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 06:57 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
