DIMENSI SPIRITUAL SUFISTIK MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM TAREKAT SYATTARIYAH DI PONDOK PESANTREN AR-ROMLI BANTUL YOGYAKARTA

NURSYAHIDIN, RAHMAD (2023) DIMENSI SPIRITUAL SUFISTIK MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM TAREKAT SYATTARIYAH DI PONDOK PESANTREN AR-ROMLI BANTUL YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
rahmad nursyahidin_19703251037.pdf

Download (358kB)

Abstract

Kajian tarekat yang tumbuh dalam tradisi pesantren menjadi objek yang menarik ketika dipadukan dengan manajemen agar lebih terratur dan terstruktur. Manajemen secara khusus belum ditemukan dalam praktik tarekat syattariah yang ada di pondok pesantren Ar-Romli Giriloyo, Bantul, Yogyakarta. Sehingga diperlukan pola manajemen baru untuk mengoptimalisasikan potensi pengamalan dan internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran tarekat syattariyah. Tujuan penelitian ini ialah: 1) mengetahui perencanaan dalam tarekat dalam menarik minat masyarakat 2) menemukan pola pegorganisasian tarekat dalam memobilisasi masyarakat; 3) menemukan pola praktik amalan dan ajaran tarekat; 4) menggambarkan pola pengawasan praktik amalan dan ajaran tarekat syattariah oleh seorang mursyid. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk mengetahui persepsi dan konsepsi yang ada di lapanagan. Fokus kajian penelitian ini ialah dimensi spiritual tarekat dalam manajemen pendidikan mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian terdiri atas kyai, gus dan jamaah tarekat syattariah di pondok pesantren Ar-Romli Giriloyo, Bantul. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: perencanaan dalam tarekat syattariah di pondok pesantren Ar-Romli Giriloyo, Bantul, bersifat sentralisasi berupa tujuan dan kegiatan tarekat dalam praktik amalan dan doa yang diajarakan. Pengorganisasian tarekat dilakukan oleh mursyid secara langsung untuk memunculkan semangat dalam menjalankan dzikir dan do’a dalam tarekat. Pelaksanaan dijalankan dengan menginternalisasikan nilai-nilai ajaran tarekat kedalam segala aspek kehidupan. Pengawasan dalam tarekat tarekat syattariah di pondok pesantren Ar-Romli Giriloyo, Bantul, Yogyakarta bersifat non administratif. Manajemen pendidikan dalam tarekat syattariah yang diterapkan merupakan respon atas dominasi materisme dalam pendidikan yang mengesampingkan pendidikan spiritual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Spiritual, Manajemen, Pendidikan, Tarekat
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:25
Last Modified: 13 Nov 2025 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88532

Actions (login required)

View Item View Item