PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI WILAYAH SLEMAN TIMUR

SUKMAWATI, NENI ARISTYA (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI WILAYAH SLEMAN TIMUR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
neni aristya sukmawati_19703251041.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap mutu pembelajaran daring SMP Negeri wilayah Sleman Timur. Penelitian ini merupakan penelitian metode kombinasi (mixed method) dengan desain sequential explanatory, dimana pada tahap pertama penelitian yaitu pengumpulan dan analisis data kuantitatif dan dilanjutkan tahap kedua dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru-guru di SMP Negeri 2 Berbah dan SMP Negeri 3 Kalasan dan sampel penelitian sebanyak 46. Analisis data kuantitatif menggunakan regresi linier dengan bantuan software SPSS 26. Hasil data kuantitatif ini kemudian diperkuat dan diperdalam dengan penelitian kualitatif pada tahap dua. Sumber data yang digunakan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru. Uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran daring dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan berpengaruh sebesar 25,8%; 2) kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran daring dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dan berpengaruh sebesar 29,1%; 3) kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran daring dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan berpengaruh sebesar 34,7%. Hasil kuantitatif kemudian diperkuat dan diperdalam dengan hasil kualitatif sebagai berikut: 1) kepala sekolah melakukan tugas kepemimpinannya dengan baik untuk meningkatkan kompetensi guru dan mutu pembelajaran daring. 2) guru memaksimalkan kompetensinya selama pembelajaran daring untuk meningatkan mutu pembelajaran daring di kelas. 3) mutu pembelajaran daring dapat meningkat apabila kepala sekolah dapat memimpin dengan baik dan guru dapat memaksimalkan kompetensinya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Mutu Pembelajaran, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:34
Last Modified: 13 Nov 2025 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88531

Actions (login required)

View Item View Item