MAHARDIKA, TALENTA (2023) IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU PENGGERAK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
talenta mahardika_19703251016.pdf Download (312kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mendeskripsikan dan mendapatkan gambaran implementasi dan dampak implementasi kebijakan Program Guru Penggerak dalam pembelajaran di sekolah dasar Magelang; hambatan dan tantangan penerapan kebijakan PGP dalam pembelajaran di sekolah dasar; upaya yang ditempuh untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada terkait dengan PGP dalam pembelajaran, dan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam memanfaatkan keberadaan PGP di sekolah dasar. Penelitian ini bersifat studi kasus yang dilakukan dengan menggunakan metode atau pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjawab, mengidentifikasi serta memaparkan tujuan penelitian tersebut. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara (kepada kepala sekolah) dan angket atau kuesioner yang diberikan kepada responden sesuai tujuan penelitian. Instrumen penelitian yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan penelitian, sebelum diterapkan ke lapangan divalidasi oleh expert judgement, yaitu dosen pembimbing dan tim validiator yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Subjek penelitian yaitu sample size berjumlah 81 orang yang dikelompokan dalam tiga kagetori, yaitu kelompok kepala sekolah (14 orang), kelompok guru penggerak (7 orang) dan kelompok guru mata pelajaran (60 orang) yang dipilih secara random. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif (analisis isi/content analysis) berdasarkan model Miles dan Huberman (1992) yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian berdasarkan indikator dan tujuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan PGP pada pembelajaran di sekolah dasar di Windusari- Magelang belum memuaskan walaupun dari hasil penelitian tersebut PGP dikatakan memiliki paradigma yang memerdekakan anak dalam proses belajar. Berdasarkan tujuan penelitian kali ini dan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa, di daerah Windusari-Magelang, terdapat banyak guru sekolah yang belum mengenal dan mengetahui pentingnya PGP. Padahal disekolah-sekolah yang sudah tahu esensi dari program tersebut menyatakan bahwa PGP sangat penting untuk mengubah mindset guru, cara belajar murid, dan memperbaruhi pengetahuan. Adapun kendala sebagai hambatan implementasi PGP yaitu kurangnya prasarana, sarana internet dan kekurangan dalam literasi digital membuat PGP tidak diterima dengan baik di daerah tersebut.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Program Guru Penggerak, Implementasi, Hambatan dan Upaya |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan FIP |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:28 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:28 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
