Sari, Anggri Sekar and Sofyan, Herminarto (2025) Pengembangan Model Followership Melalui Work Based Learning Pada Pendidikan Vokasional Bidang Keahlian Kuliner. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_anggri sekar sari_18702261004.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini untuk (1) menghasilkan model followership melalui WBL pada Pendidikan Vokasional bidang keahlian Kuliner; (2) menguji kelayakan model followership melalui WBL pada Pendidikan Vokasional bidang keahlian Kuliner; dan (3) menguji efektifitas model followership melalui WBL pada Pendidikan Vokasional bidang keahlian Kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Jenis penelitian adalah research and development dengan model ADDIE. Pada tahapan (1) analisis dimulai dengan pengumpulan informasi awal (melihat gap pembelajaran di SMK dengan kebutuhan lulusan di industri) dan dilanjutkan dengan analisis kebutuhan (melihat kompetensi yang diperlukan dan model pembelajaran yang digunakan) untuk menentukan existing model, (2) studi literatur terkait aspek- aspek filosofis, teoritis dan metodologis sebagai dasar dalam merencanakan model konseptual, (3) mengembangkan model hipotetik, perangkat pembelajaran, serta uji validitas model oleh ahli, revisi awal model, FGD, uji keterbacaan model, dan revisi model lanjutan, (4) uji efektifitas model di industri, revisi model akhir, dan (5) uji respon pengguna dan evaluasi hasil penelitian. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa buku model, sintaks, ATP, Modul Ajar, buku panduan (peserta didik, guru, instruktur), dan instrumen penelitian untuk mengukur validitas, keterbacaan, respon pengguna serta efektivitas model yang dikembangkan dan perangkat penunjang yang digunakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menganalisis validitas model, perangkat pembelajaran, keterbacaan model dan respon pengguna. Adapun penentuan tingkat efektivitas dinilai dari evaluasi pembelajaran di industri menggunakan uji t test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Model followership yang dihasilkan memberikan kegiatan dalam situasi nyata pembelajaran praktek kerja industri bidang keahlian kuliner untuk menghasilkan pekerja rutin yang efektif berlandaskan komponen filosofis, teoritis dan metodologis. (2) Model followership dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dengan kriteria sangat baik berdasarkan penilaian ahli dengan nilai rata-rata 3.75, sedangkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dengan kriteria sangat baik berdasarkan penilaian ahli dengan nilai rata-rata 3.83. (3) Model followership skill pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol dimana thitung ≥ ttabel (5.499 ≥ 2.002), serta respon pengguna menyatakan bahwa model sangat baik digunakan dengan nilai rata- rata 2.71.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | model followership, work-based learning |
| Subjects: | Vocational > Tourism and Hospitality Vocational |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 07:40 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 07:40 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
