Sutrisno, Valiant Lukad Perdana and Pardjono, Pardjono (2025) Konstruksi Budaya Industri Manufaktur di SMK Berbasis Teaching Factory. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_valiant lukad perdana sutrisno_21702261001.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan secara mendalam dan komprehensif konstruksi budaya industri manufaktur di SMK Berbasis TEFA melalui (1) pola pembentukan budaya industri manufaktur, (2) proses internalisasi budaya industri manufaktur, dan (3) konstruksi teoritis budaya industri manufaktur di SMK Berbasis TEFA. Dengan penelitian ini diharapkan diperoleh data bagaimana bentuk pola, proses internalisasi dan konstruksi teoritis budaya industri manufaktur pada SMK yang terbukti berhasil membangun budaya industri manufaktur melalui penyelenggaraan TEFA yang berkelanjutan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi multi kasus yang dilaksanakan di Surakarta, Jawa Tengah. Sumber informasi meliputi kepala sekolah, direktur/koordinator TEFA, guru produktif dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu analisis interaktif yang dilanjutkan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola budaya industri manufaktur di SMK berbasis TEFA mencakup empat komponen utama: model manajemen, keputusan strategis, dukungan keberlanjutan finansial, dan sistem pembelajaran partisipatif, dengan kepemimpinan sekolah sebagai pusat penggerak, (2) Proses internalisasi budaya industri berjalan melalui empat tahap: strategi, sasaran, pembentukan karakter dan keterampilan, serta hasil akhir berupa sikap dan pola pikir industrial, yang ditentukan oleh kepemimpinan dan manajemen strategis sekolah, dan (3) Konstruksi budaya industri di SMK berbasis TEFA merupakan transformasi budaya sekolah melalui kepemimpinan transformasional, manajemen berkelanjutan, kolaborasi strategis industri, dan integrasi sistem produksi dalam pembelajaran hingga membentuk identitas budaya industri sekolah.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Budaya Industri, Manufaktur, SMK, Teaching Factory |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Mesin Vocational |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:48 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:48 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
