Mutohhari, Farid and Sumaryanto, Sumaryanto (2025) Praksis Perilaku Hijau di Pendidikan Kejuruan: Studi Kasus di SMK Adiwiyata di Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_farid mutohhari_22702261002.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap konsep profil perilaku hijau di pendidikan kejuruan; (2) mengungkap konsep tujuan perilaku hijau di pendidikan kejuruan; (3) mengeksplorasi konsep penerapan perilaku hijau di pendidikan kejuruan; dan (4) menganalisis konsep faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan perilaku hijau di pendidikan kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berpendekatan studi kasus dengan mengadopsi desain multikasus. Penelitian dilakukan di lima SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah berstatus Adiwiyata yang merepresentasikan tiga tingkatan Adiwiyata (Provinsi, Nasional dan Mandiri), dan lima bidang keahlian yang menjadi sektor prioritas pengembangan industri hijau (Pariwisata, Seni dan Ekonomi Kreatif, Pertanian, Teknologi Manufaktur dan Rekayasa, dan Bisnis Digital. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, telaah media sosial, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan NVivo berupa project map dan concept map melalui tahapan open coding, axial coding, dan generic coding. Penelitian ini menghasilkan empat temuan utama yang meliputi: (1) Konsep perilaku hijau di pendidikan kejuruan nmencakup tujuh profil, yakni: perilaku konservasi, mentransformasi, menghindari bahaya, mempengaruhi orang lain, belajar berkelanjutan, mematuhi hukum, dan mengambil inisiatif; (2) Konsep tujuan perilaku hijau mencakup lima tujuan utama yang mencakup: tujuan lingkungan, akademik, tujuan, sosial-budaya, dan agama; (3) Konsep penerapan berupa kerangka dan model penerapan perilaku hijau yang mencakup: integrasi perilaku hijau dalam kegiatan, lingkungan penerapan perilaku hijau, sintaks dan metode penerapan, dan pengalaman dan prinsip penerapan; dan (4) Konsep faktor- faktor yang mepengaruhi penerapan perilaku hijau mencakup tiga faktor utama: faktor organisasi, individu dan eksternal.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | perilaku hijau, pendidikan kejuruan, sekolah adiwiyata |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:34 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:34 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
