Model Pembelajaran Computer Aided Manufacturing Selaras Industri (CASI) untuk Meningkatkan Adaptive Machining Skills.

Harjanto, Chrisna Tri and Sukardi, Thomas (2025) Model Pembelajaran Computer Aided Manufacturing Selaras Industri (CASI) untuk Meningkatkan Adaptive Machining Skills. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_chrisna tri harjanto_21702261015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan model pembelajaran CASI untuk meningkatkan adaptive machining skills, (2) menghasilkan model pembelajaran CASI yang layak diterapkan untuk meningkatkan adaptive machining skills, (3) menghasilkan model pembelajaran CASI yang efektif dalam meningkatkan adaptive machining skills. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Richey & Klein dengan tahapan 1) Pengembangan Model; 2) Validasi Model; 3) Aplikasi Model. Penelitian ini dilaksanakan di Departemen Teknik Mesin dan Otomotif, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta (FV UNY), PT. YPTI, dan Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik UNY dari Februari sampai dengan Juli 2024. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen mencakup validitas isi dan validitas konstruk. Uji efektivitas menggunakan equivalent time series design. Data dianalisis secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran CASI yang telah dikembangkan memiliki kebaharuan pada integrasi antara cooperative learning dan work-based learning serta rumusan adaptive machining skills yang meliputi keterampilan problem solving, critical thinking, leadership, dan kompetensi CAM level 5. Model Pembelajaran CASI yang dikembangkan memiliki tujuh siktaks utama yaitu: pemberian materi, pembentukan kelompok, penentuan job CASI, pengerjaan job, pemeriksaan hasil praktik, presentasi, dan refleksi. (2) Model CASI dinilai sangat layak oleh pendidik dan peserta didik, dengan skor rata- rata di atas 81,25, yang termasuk kategori sangat layak. (3) Model pembelajaran CASI tersebut terbukti efektif dalam mengembangkan adaptive machining skills mahasiswa, pada perlakuan I rata-rata nilai problem solving 69, critical thinking 67, leadership 68,75, dan nilai kompetensi CAM 75,31 naik pada perlakuan III menjadi rata-rata nilai problem solving 86,25, critical thinking 88,5, leadership 88, dan nilai kompetensi CAM 86,25. Berdasarkan uji paired sample t-test perbedaan perlakuan 1 dan sesudah perlakuan 3 menunjukkan bahwa model pembelajaran CASI meningkatkan adaptive machining skills secara signifikan dengan nilai signifikansi <0.05. Model pembelajaran CASI yang dikembangkan terbukti menjadi pendekatan pembelajaran yang efektif untuk menjembatani kesenjangan antara pendidikan vokasi dan kebutuhan dunia industri.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: adaptive machining skills, pendidikan vokasi, pembelajaran CAM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:20
Last Modified: 06 Nov 2025 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88417

Actions (login required)

View Item View Item