Desain Immersive Learning Environment berbasis kompetensi untuk pengembangan Keterampilan Vokasional Siswa SMALB.

Prihandini, Tinesa Fara and Triyono, Moch Bruri (2025) Desain Immersive Learning Environment berbasis kompetensi untuk pengembangan Keterampilan Vokasional Siswa SMALB. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_tinesa fara prihandini_22702269001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kompotensi vokasional memiliki peran strategis dalam mempersiapkan peserta didik Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) agar mampu hidup mandiri dan berdaya saing di masyarakat. Namun demikian, pelaksanaan pendidikan vokasional, khususnya pada bidang tata boga untuk peserta didik tunarungu, masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan media pembelajaran yang adaptif, ketidaksesuaian kurikulum dengan karakteristik kebutuhan khusus, serta tingginya risiko yang dihadapi dalam praktik langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Immersive Learning Environment (ILE) berbasis kompetensi yang memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) sebagai media simulasi keterampilan tata boga yang aman, interaktif, dan kontekstual. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan desain instruksional (instructional design) yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran berbasis media VR bagi peserta didik tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan metode mixed methods exploratory sequential. Tahap awal dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk menggali profil kompetensi vokasional dan kebutuhan belajar peserta didik tunarungu melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi, yang dilanjutkan dengan validasi desain instruksional melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Tahap selanjutnya berupa uji kuantitatif untuk menilai aspek kepraktisan, kelayakan, dan keberterimaan desain media pembelajaran ILE berbasis kompetensi. Validasi dilakukan oleh ahli media dari perguruan tinggi, ahli materi dari guru SMALB, serta uji coba terbatas kepada 23 peserta didik tunarungu. Analisis data kualitatif dilakukan menggunakan pengkodean dengan perangkat lunak NVIVO, sementara analisis kuantitatif menggunakan instrumen skala standar dan diolah dengan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain instruksional ILE yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak dan dapat diimplementasikan. Seluruh peserta FGD menyatakan kesesuaian kompetensi vokasional yang diidentifikasi dengan karakteristik peserta didik tunarungu, serta mendukung implementasi desain instruksional yang dikembangkan. Aplikasi pembelajaran ILE berbasis VR divalidasi layak dan efektif dari aspek materi, media, kepraktisan penggunaan, serta keberterimaan oleh peserta didik tunarungu.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Immersive Learning Environment, Virtual Reality, Keterampilan Vokasional, peserta didik tunarungu, instructional design
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Vocational
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:30
Last Modified: 06 Nov 2025 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88395

Actions (login required)

View Item View Item