SISTEM INFORMASI EVALUASI NILAI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0 DAN MICROSOFT ACCESS DI SMA NEGERI 1 GAMPING

Muhammad Dwiky, Khalifardhi (2012) SISTEM INFORMASI EVALUASI NILAI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0 DAN MICROSOFT ACCESS DI SMA NEGERI 1 GAMPING. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07520244080.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07520244080.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07520244080.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07520244080.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-07520244080.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Evaluasi terhadap nilai hasil belajar siswa sebagian besar masih menggunakan sistem manual rentan terhadap kesalahan dan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak sistem informasi evaluasi nilai hasil belajar siswa menggunakan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access di SMA Negeri 1 Gamping dan mengetahui unjuk kerja dari segi Correctness, Reliability, Integrity, Usability serta mengetahui persentase kelayakan sistem informasi yang telah dibuat. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas SMA Negeri 1 Gamping, Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Adapun langkah-langkah penelitian yaitu: potensi masalah, analisis kebutuhan, desain produk, produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba pemakaian, dan hasil penelitian akhir. Pengambilan data menggunakan questioner atau angket yang dibagikan kepada siswa, data juga diambil dengan cara cluster sampling yang diambil berdasarkan kelas tertentu yang dianggap dapat mewakili populasi. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 30 siswa, 5guru, dan 2 administrator.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan program dapat bekerja sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Hasil pengujian unjuk kerja oleh ahli media menunjukkan bahwa penilaian ujuk kerja sistem dari segi Correctness, Reliability, Integrity, Usability menunjukan bahwa kualitas produk yang dihasilkan, persentase sebesar 86,6% dan dikatakan sangat layak. Hasil analisis tingkat kelayakan menunjukkan bahwa kualitas produk yang dihasilkan dari uji kelayakan pada sistem informasi menurut administrator memperoleh persentase sebesar 92% termasuk dalam kategori sangat layak, menurut guru sebesar 83% termasuk dalam kategori sangat layak, dan menurut siswa sebesar 77,4% termasuk dalam kategori layak. Kata Kunci : Sistem Informasi, Evaluasi Belajar Siswa, Visual Basic, Microsoft Access.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Evaluasi Belajar Siswa, Visual Basic, Microsoft Access.
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 04:16
Last Modified: 29 Jan 2019 17:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item